Persepsi mahasiswa PGMI terhadap peran guru pamong pada pendampingan kompetensi pedagogik di MI Nashrul Fajar Tembalang tahun ajaran 2018/2019

Purwati, Purwati (2019) Persepsi mahasiswa PGMI terhadap peran guru pamong pada pendampingan kompetensi pedagogik di MI Nashrul Fajar Tembalang tahun ajaran 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503096023_Pipit Purwati]
Preview
Text (skripsi_1503096023_Pipit Purwati)
skripsi_1503096023_Pipit Purwati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru
pamong pada pendampingan kopetensi pedagogik selama PPL dan
untuk mengetahui persepsi mahasiswa PGMI terhadap peran guru
pamong pada pendampingan kompetensi pedagogik di MI Nashrul
Fajar Tembalang pada tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian field research (penelitian lapangan) dan dengan pendekatan
deskriptif kualitatif, maka dalam pengumpulan data peneliti
menggunakan teknik observasi, wawancara, penyebaran angket dan
dokumentasi. Uji keabsahan dalam penelitian ini adalah triangulasi
sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Peran guru
pamong dapat terlihat pada mengelola pembelajaran, pembuatan
perangkat pembelajaran berupa RPP, silabus, media pembelajaran,
kurikulum yang digunakan. (2) Persepsi Mahasiswa PGMI Terhadap
Peran Guru Pamong Pada Pendampingan Kompetensi Pedagogik di
MI Nashrul Fajar Meteseh Tembalang Tahun Ajaran 2018/2019.
bahwa mahasiswa merasa puas dan sudah baik peran dari guru
pamong dalam pendampingan kompetensi pedagogik mahasiswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Persepsi; PPL; Guru pamong; Pendidikan guru madrasah ibtidaiyah; MI Nashrul Fajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:32
Last Modified: 29 May 2021 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12556

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics