Pengaruh strategi pembelajaran kooperatife tipe round robin terhadap kemampuan berpikir kritis materi gaya dan gerak siswa kelas IV MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun 2018/2019

Ningrum, Laely Mulya (2019) Pengaruh strategi pembelajaran kooperatife tipe round robin terhadap kemampuan berpikir kritis materi gaya dan gerak siswa kelas IV MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun 2018/2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1503096019_Laely Mulya Ningrum]
Preview
Text (skripsi_1503096019_Laely Mulya Ningrum)
skripsi_1503096019_Laely Mulya Ningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe
round robin terhadap kemampuan berpikir kritis materi gaya dan gerak
siswa kelas IV MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah ada pengaruh strategi pembelajaran kooperatif
tipe round robin terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi
gaya dan gerak kelas IV MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang tahun pelajaran
2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Subyek penelitian
adalah seluruh siswa kelas IV MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang sebanyak 47
responden, dengan kelas IV A yang terdiri 22 siswa sebagai kelas kontrol
dan kelas IV B terdiri dari 25 siswa sebagai kelas eksperimen.Data yang
dianalisis dengan menggunakan analisis statistika uji perbedaan rata-rata
yaitu analisis uji-t. Penggunaan hipotesis menunjukkan bahwa hasil tes
yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa atau (post-test)
kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe round
robin adalah 83,20 sedangkan rata-rata hasil belajar menggunakan metode
ceramah adalah 66,59. Berdasarkan hasil uji-t diperoleh bahawa =
4,315 , sedangkan = 2,00 , karena > maka Ho ditolak
vi
dan Ha diterima.Dengan demikian, dapat diketahui bahwa terdapat
pengaruh yang siginifikan anatara penggunaan strategi pembelajaran
kooperatif tipe round robin terhadap kemampuan berpikir kritis materi
gaya dan gerak siswa kelas IV MI Al-Khoiriyyah 02 Semarang Tahun
Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran kooperatif tipe round robin; Kemampuan berpikir kritis; pendidikan guru madrasah ibtidaiyah; MI Al-Khoiriyyah 02
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Marisatul Aminah
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:39
Last Modified: 29 May 2021 03:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12558

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics