Peran layanan bimbingan karir dalam mengembangkan kematangan karir siswa di SMK Widya Praja Ungaran : analisis fungsi bimbingan konseling Islam

Wulandhika, Dewi (2019) Peran layanan bimbingan karir dalam mengembangkan kematangan karir siswa di SMK Widya Praja Ungaran : analisis fungsi bimbingan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_Dewi Wulandhika_1401016078.pdf]
Preview
Text
skripsi_Dewi Wulandhika_1401016078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dewi Wulandhika (1401016078) Peran Layanan Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Kematangan Karir Siswa di SMK Widya Praja Ungaran (Analisis Fungsi Bimbingan Konseling Islam).
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mempersiapkan karir untuk masa yang akan datang. Usia remaja khususnya saat duduk di bangku SMK seharusnya individu sudah mengetahui potensi yang dimiliki. Di SMK Widya Praja banyak siswa yang belum mengenali potensi, bakat serta minatnya. Hal ini karena berbagai faktor, seperti siswa kurang mengenali dirinya sendiri, kurang menggali informasi terkait karir dengan orang-orang sekitar, serta kurangnya dukungan dari orang tua yang tentunya hal ini akan mempengaruhi kematangan karir siswa.
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan bimbingan karir dalam mengembangkan kematangan karir siswa, peran layanan bimbingan karir dalam mengembangkan kematangan karir siswa serta analisis fungsi bimbingan konseling Islam terhadap layanna bimbingan karir dalam mengembangkan kematangan karir siswa di SMK Widya Praja Ungaran.Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, pelaksanaan layanan bimbingan karir dalam mengembangkan kematangan karir siswa di SMK Widya Praja Ungaran dengan cara pembinaan, yaitu melalui layanan klasikal dengan ceramah, konseling individu, serta diskusi. Pemantauan terhadap siswa dengan melakukan kerjasama dengan wali kelas serta guru program keahlian untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi pada siswa. Kedua, peran layanan bimbingan karir sudah cukup bagus, hal ini terlihat dari banyaknya permasalahan siswa yang bisa ditangani dengan baik sesuai dengan proses tahapan bimbingan karir. Ketiga, analisis fungsi bimbingan konseling Islam dalam mengembangkan kematangan karir siswa yaitu melalui fungsi preventif dengan melalui layanan bimbingan klasikal, fungsi kuratif dengan memberikan motivasi, fungsi preservatif dengan melakukan pemantauan terhadap siswa melalui kerjasama dengan seluruh pihak sekolah, dan fungsi developmental dengan cara praktik langsung sesuai masing-masing program keahlian siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karir; Kematangan karir; Bimbingan dan penyuluhan Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:48
Last Modified: 22 Jul 2021 03:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12578

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics