Amrullah, Wafa (2019) Bimbingan kelompok di Pesantren Al Urwatul Wutsqo Indramayu :analisis bimbingan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1401016027_Wafa Amrullah]
Preview
Text (Skripsi_1401016027_Wafa Amrullah)
Skripsi_Wafa Amrullah_1401016027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wafa Amrullah (1401016027) Bimbingan Kelompok di Pesantren Al Urwatul Wutsqo Indramayu (Analisis Bimbingan Konseling Islam).
Keunikan setiap pesantren dalam melaksanakan konseling yang sesuai dengan budaya khas pesantren. Pesantren Al Urwatul Wutsqo Indramayu sendiri sama seperti pesantren lainnya yang memiliki konseling khas budaya pesantren yang dinamakan dengan mentoring agama. Kegiatan ini dianggap menjadi pengganti kebutuhan akan bimbingan konseling Islam para santri. Penelitian memiliki permasalahan yang berkaitan dengan bimbingan kelompok dalam pelaksanaan mentoring agama di Pesantren Al Urwatul Wutsqo Indramayu untuk mengetahui bagaimana proses kerja mentoring agama ini sehingga bisa menjadi bentuk treatment bimbingan konseling Islam. Sudut pandang bimbingan konseling islam juga menjadi acuan analisis dalam penelitian terhadap pelaksanaan mentoring agama di Pesantren Al Urwatul Wutsqo Indramayu.
Metode penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bertujuan memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan semacamnya secara holistik dengan cara deskripsi dalam bentuk kalimat dan bahasa, pada suatu konteks khusus alamiah dan dengan memanfaatkan metode yang ilmiah. Teknk analisi dalam penelitian menggunakan teknik Miles dan Hubberman dengan tiga langkah pereduksian data, pemaparan data dan kesimpulan dari data penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dalam bentuk mentoring agama di Pesantren Al Urwatul Wutsqo Indramayu dapat ditemukan dalam kegiatan mentoring agama secara keseluruhan dan lebih fokus lagi terdapat di sesi diskusi yang memiliki kesamaan prinsip dengan bimbingan kelompok dimana santri dan pembimbing mentoring berusaha untuk memecahkan sebuah permasalahan bersama; adapula qaḍayah yaitu kegiatan dimana ada santri yang mencurahkan problematikanya lalu anggota kelompok yang lain dan pembimbing mentoring agamanya bersama memecahkan problemnya. Selain itu pembimbing mentoring agama juga menerima konsultasi permasalahan secara pribadi dari anggotanya sebagaiman bimbingan dan konseling pada umumnya. Analisis bimbingan konseling islam dari bimbingan kelompok dengan bentuk mentoring agama ini menemukan kesamaan secara konsep dengan bimbingan konseling Islam. Fungsi bimbingan kelompok di Pesantren Al Urwatul Wutsqo beririsan dengan fungsi preventif, kuratif dan pemahaman. Tujuannya juga beririsan untuk menjadikan fitrah yang Allah berikan kepada pribadi santri (klien) agar bisa berkembang dan berfungsi dengan baik sehingga menjadi pribadi yang kaffah dan bisa mengaktualisasikan apa yang diimaninya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling budaya pesantren; Bimbingan kelompok; Mentoring agama; Bimbingan konseling islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Hanik Widiyastuti
Date Deposited: 20 Apr 2021 06:48
Last Modified: 22 May 2021 02:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12581

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics