Pola pengasuhan dan pembinaan anak yatim di Balai Yatim Hj Maryam Yayasan Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo Dalam perspektif manajemen dakwah

Setiawan, Muhammad Agung (2019) Pola pengasuhan dan pembinaan anak yatim di Balai Yatim Hj Maryam Yayasan Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo Dalam perspektif manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1401036066_Muhamad Agung Setiawan]
Preview
Text (skripsi_1401036066_Muhamad Agung Setiawan)
skripsi_1401036066_Muhamad Agung Setiawan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nama : Muhamad Agung Setiawan
NIM : 1401036066
Judul : Pola Pengasuhan dan Pembinaan Anak Yatim di Balai Yatim Hj. Maryam
Yayasan Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo dalam Perspektif Manajemen Dakwah

Penelitian ini berjudul Pola Pengasuhan dan Pembinaan Anak Yatim di Balai Yatim Hj. Maryam Yayasan Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo Dalam Perspektif Manajemen Dakwah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertama bagaimana pola pengasuhan dan pembinaan anak yatim di balai yatim Hj. Maryam Yayasan Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo. Kedua bagaimana pola pengasuhan dan pembinaan anak yatim di balai yatim Hj. Maryam Yayasan Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo dalam perspektif manajemen dakwah. Dan ketiga apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pengasuhan dan pembinaan anak yatim di balai yatim Hj. Maryam Yayasan Al-Asy’ariyyah Kalibeber Mojotengah Wonosobo.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan analisis deskriptif dan induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pengasuhan yang dilakukan balai yatim Hj. Maryam kepada anak asuhnya adalah dengan mengunakan tiga sifat pola pengasuhan yaitu pengajaran (instructing), pengganjaran (rewarding), dan pembujukan (inciting). Sedangkan dalam pola pembinaannya balai yatim Hj. Maryam mengunakan tiga jenis pola pembinaan yaitu pembinaan mental, pembinaan sosial, dan pembinaan keterampilan. Adapun dalam penerapan manajemennya yang dilakukan balai yatim Hj. Maryam dalam mengasuh dan membina anak asuhnya meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Kemudian yang menjadi faktor pendukung bagi balai yatim Hj. Maryam dalam melaksanakan pengasuhan dan pembinaan terhadap anak asuhnya adalah dimilikinya sumber daya yang mumpuni, keikhlasan dari pengurus dan dukungan dari masyarakat. Sedangkan faktor pengambat bagi balai yatim Hj. Maryam dalam melaksanakan pengasuhan dan pembinaan terhadap anak asuhnya adalah adanya keterbatasan dana, masalah tempat dan terbatasnya sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola pengasuhan; Anak yatim; Manajemen dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:28
Last Modified: 23 May 2021 06:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12587

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics