Manajemen kegiatan praktek manasik haji pada anak-anak RA di PD IGRA (Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Kabupaten Brebes

Rahmayanti, Devi (2019) Manajemen kegiatan praktek manasik haji pada anak-anak RA di PD IGRA (Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Kabupaten Brebes. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036003_Devi Rahmayanti]
Preview
Text (skripsi_1501036003_Devi Rahmayanti)
skripsi_1501036003_Devi Rahmayanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan oleh Devi Rahmayanti dengan judul “Manajemen Kegiatan Praktek Manasik Haji anak-anak RA di PD IGRA (Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Kabupaten Brebes”. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, sumber data primer yang merupakan data atau informasi yang berasal dari lapangan sedangkan sumber data sekunder merupakan data yang berasal dari buku, data dokumentasi dan informasi dari PD IGRA.
Peneliti memilih untuk meneliti PD IGRA (Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal) mengingat, pelatihan manasik haji tidak hanya dilakukan oleh calon jama’ah haji yang akan menunaikan ibadah haji saja. Namun anak-anak juga sudah diajari untuk mengenal rukun iman yang kelima ini. peneliti tertarik untuk meneliti pelaksanaan Manasik Haji ini yang diikuti oleh seluruh RA se-Kabupaten Brebes. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadikan contoh kepada daerah-daerah lain.
Hasil dari penelitian ini adalah, bahwa 1. manajemen pelatihan manasik haji pada anak-anak RA di PD IGRA (Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal) Kabupaten Brebes melalui beberapa tahapan manajemen yang ada yaitu seperti Perencanaan (Planning) yang pertama dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai, mengadakan rapat khusus pelatihan manasik haji akbar untuk menentukan waktu pelaksanaan, jumlah RA yang mengikuti karena setiap tahunnya RA yang mengikuti mengalami peningkatan. Selain itu penentuan RAB juga salah satu komponen penting dalam perencanaan untuk melancarkan kegiatan praktek manasik haji ini. Pengorganisasian (Organizing) dengan membentuk susunan kepanitiaan untuk pelatihan manasik haji. Pelaksanaan (Actuating) kegiatan praktek manasik haji ini selalu diadakan di Islamic Centre Brebes dengan membaginya menjadi dua sesi dan diikuti juga oleh para wali muridnya yang sama-sama dengan anaknya mengenakan baju putih-putih. Yang terakhir yaitu Pengawasan (Controlling) yang secara tidak langsung dilakukan pada saat pelaksanaan, oleh ketua PD IGRA sendiri selaku penanggung jawab dengan berkeliling pada saat itu juga. Sehingga jika ada masalah , langsung bisa diambil tindakan. Proses pengawasan memiliki beberapa tahapan yaitu preventif sebelum kegiatan berlangsung seperti rapat pada saat persiapan. In process pada saat kegiatan berlangsung. Pasca Process setelah kegiatan berlangsung dengan hasil pelaksanaan selama 2 hari. Dan yang terakhir Represif, kegiatan dikatakan berhasik karena anak-anak mengikuti setiap tahapannya. 2. Manfaat dan kendala manajemen pelatihan manasik haji pada anak-anak di PD IGRA (Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudlathul Athfal) Kabupaten Brebes a. Dapat menanamkan sedini mungkin kepada peserta didik atau anak-anak tentang kewajiban berhaji dan menanamkan nilai-nilai moral. b. Untuk Syiar Islam khususnya di Kabupaten Brebes dan sekitarnya. c.Memberikan motivasi kepada wali murid yang mendampingi anak-anak nya sehingga hatinya tergugah untuk menunaikan Ibadah Haji. d. Memberikan motivasi kepada dewan guru. Sedangkan kendala yang dihadapinya adalah a) Kepadatan seperti dari kedatangan peserta yang bersamaan. b) Pedagang yang tidak mengikuti aturan panitia. c) Adanya rasa kurang sabar dari peserta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen kegiatan; Peaktek manasik haji; Manajemen dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:26
Last Modified: 23 May 2021 06:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12589

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics