Manajemen Masjid Jamik Lasem Rembang dalam kegiatan dakwah

Muna, Ulfah Khoiriyyatul (2019) Manajemen Masjid Jamik Lasem Rembang dalam kegiatan dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_Ulfah Khoiriyyatul Muna_1501036007.pdf]
Preview
Text
skripsi_Ulfah Khoiriyyatul Muna_1501036007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (840kB) | Preview

Abstract

Ulfah Khoiriyyatul Muna 1501036007. Penelitian ini berjudul Manajemen Masjid Jamik Lasem Dalam Kegiatan Dakwah.
Masjid merupakan sentral kehidupan umat Islam. Sebagai sentral kehidupan, tentunya masjid mempunyai multifungsi: yakni fungsi keagamaan, fungsi sosial, fungsi pendidikan, fungsi ekonomi, fungsi politik dan lain sebagainya. Sehingga dapat mencerminkan unsur-unsur manajemen disetiap kegiatan yang dilakukan oleh pengurus masjid. Penelitian ini mengambil objek penelitian di Masjid Jamik Lasem mengenai kegiatan dakwah, peranan takmir masjid menjadi instrumen penting dalam penyelenggaraan kegiatan dakwah, sehingga banyak kegiatan di Masjid yang memiliki unsur syiar Islam seperti mujahadah, karnaval budaya, santunan anak yatim dan lain sebagainya.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen di Masjid Jamik Lasem Rembang dalam kegiatan dakwah. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan rujukan praktek untuk pengembangan serta pengelolaan dan memberikan informasi terhadap ilmu pengetahuan bagi orang lain dalam mengembangkan dan memanajemen “ Masjid Jami’ “ Lasem Rembang dalam Kegiatan Dakwah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, penulis menggunakan teknik analisa Milles-Huberman seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk proses penganalisaan data.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa manajemen masjid jamik lasem rembang dalam kegiatan dakwah menggunakan fungsi manajemen yaitu plainning, Perencanaan yang dilakukan pengurus masjid adalah menetapkan tujuan dan menyusun rencana kegiatan serta menetapkan waktu pelaksanaan dari program kerja yang telah disusun; organizing, Pengorganisasian merupakan serangkaian aktivitas dalam menyusun suatu kerangka yang menjadi wadah bagi segenap kegiatan dengan jalan membagi dan mengelompokkan pekerjaan yang harus dilaksanakan serta menetapkan dan menyusun jalinan hubungan kerja antara satuan-satuan organisasi atau petugasnya. pengorganisasian yang diterapkan dengan mendistribusikan pekerjaan dan tugas-tugas dari masing-masing struktur organisasi serta mengkoerdinsikannya untuk mencapai tujuan; actuating, dengan memberikan motivasi,penjalinan hubungan dan penyelenggaraan komunikasi yang diwujudkan melalui aplikasi dan fungsi perencanaan dan pengorganisasian; controlling, yang diterapkkam dengan kegiatan evaluasi yang pelaksanaannya setelah kegiatan. Hal ini dilakukan untuk mengetahuai kekuragan-kekurangan yang terjadi selama kegiatan berlangsung dan menjadi acuan kegiatan yang akan datang supaya lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen masjid; Dakwah; Manajemen Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 13 Apr 2021 03:06
Last Modified: 23 May 2021 05:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12591

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics