Strategi pemasaran pembiayaan syariah kepada non muslim di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KPPS) Ki Ageng Pandanaran Semarang

Himawati, Fatkhiyah Eka (2019) Strategi pemasaran pembiayaan syariah kepada non muslim di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KPPS) Ki Ageng Pandanaran Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_15010360100Fatkhiyah Eka Himawati]
Preview
Text (skripsi_15010360100Fatkhiyah Eka Himawati)
skripsi_1501036010_Fatkhiyah Eka Himawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nama: Fatkhiyah Eka Himawati, 1501036010, Judul: “Strategi Pemasaran Pembiayaan Syariah Kepada Non Muslim di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Ki Ageng Pandanaran Semarang”
Salah satu lembaga keuangan non bank dalam bidang keuangan syariah adalah koperasi syariah. Tujuan utama dari pembentukan koperasi pada umumnya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Berkenaan dengan terbitnya peraturan menteri No.16/per/M.KUKM.IX/2015 tentang pelaksanaan kegiatan unit Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah oleh Koperasi, maka Koperasi BMT Ki Ageng Pandanaran pada rapat anggota koperasi tahun 2015 memutuskan melakukan perubahan anggaran dasar. Pada tanggal 12 Februari 2016 Koperasi BMT Ki Ageng Pandanaran berubah menjadi KSPPS Ki Ageng Pandanaran dengan Akta Perubahan Anggaran Dasar (PAD) : 04/180/08/PAD/XIV.34/II/2016. Lokasi dari KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang ini sebenarnya yang menjadikan penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Karena KSPPS Ki Ageng Pandanaran terletak di perkampungan yang tidak hanya menganut satu kepercayaan dan tidak hanya masyarakat muslim saja yang melakukan pembiayaan syariah tetapi 3% dari 600 nasabah yang melakukan pembiayaan syariah di KSPPS Ki Ageng Pandanaran adalah non muslim. Pada umumnya mayoritas KSPPS atau BMT hanya ada nasabah non muslim saja. Dari sini penulis ingin mengetahui Strategi Pemasaran Pembiayaan Syariah yang di lakukan oleh KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang sehingga dapat menarik nasabah yang berbeda keyakinan (non muslim) untuk percaya dengan pembiayaan syariah.
Adapun tujuan dari penelitian yaitu: 1. Untuk mengetahui Strategi pemasaran pembiayaan syariah yang dilakukan KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang dalam menarik nasabah non muslim 2. Untuk mengetahui Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang dalam memasarkan Produk Pembiayaan Syariah kepada non muslim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data primer diperoleh langsung dari wawancara dengan bapak Maryono, SE. selaku Manager, ibu Yayuk Sri Hartati, S.Ag. selaku Kepala Administrasi di KSPPS Ki Ageng Pandanaran dan beberapa nasabah non muslim di KSPPS Ki Ageng Pandanaran. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku buku dan dari berbagai sumber yang terkait.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, strategi pemasaran yang dilakukan KSPPS Ki Ageng Pandanaran masih sederhana, dari mulut ke mulut dan jemput bola. tidak lepas pula dari komitmen untuk melaksanakan strategi pemasaran syariah dengan nilai-nilai yang mengambil konsep dari keteladanan sifat Rasulullah SAW yaitu sifat shidiq dapat dilihat pada aspek pelayanan pembiayaan yang jujur dan transparan, amanah dengan menumbuhkan rasa tanggung jawab atas dana yang terhimpun dari anggota, fathanah dengan mengikuti pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM, dan tabligh yaitu mengajak sekaligus memberikan contoh kepada pihak lain untuk melaksanakan ketentuan ketentuan ajaran islam dalam setiap gerak aktivitas ekonomi yang dilakukan sehari-hari. Disamping itu KSPPS juga mengembangkan nilai istiqomah yaitu konsisten dalam penerapan aturan syariah. Disamping itu KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang juga menerapkan strategi pemasaran konvensional yang terdiri dari bauran pemasaran. Namun, dalam perjalanannya KSPPS lebih menekankan pada nilai keislamannya dan pemasaran seperti ketuhanan, keindahan, realistis, dan humanis. Selain itu, spiritual marketing yang digunakan dalam strategi pemasaran KSPPS Ki Ageng Pandanaran Semarang dinilai efektif karena pada perkembangannya meskipun menggunakan sistem syariah banyak kalangan non-muslim tertarik untuk menabung ataupun melakukan pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Pembiayaan syariah; KSPPS; Manajemen dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:16
Last Modified: 23 May 2021 05:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12594

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics