Pengaruh perceived desirability, perceived feasibility dan faktor pendidikan terhadap intensi berwirausaha alumni mahasiswa Uin Walisongo Semarang

Maulida, Izza Nur (2019) Pengaruh perceived desirability, perceived feasibility dan faktor pendidikan terhadap intensi berwirausaha alumni mahasiswa Uin Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Uin Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_IZZA NUR MAULIDA_132411161.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_IZZA NUR MAULIDA_132411161.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Intensi berwirausaha merupakan suatu tekad yang dirasakan
individu untuk melakukan tindakan berwirausaha dengan menciptakan
produk baru melalui peluang bisnis dan pengambilan resiko. Dimana
dengan banyaknya seseorang yang merasa memiliki tekad untuk
membangun sebuah usaha sendiri itu bisa sangat membantu
pengurangan pengangguran. Dan mahasiswa mendapatakan
pengharapan yang tinggi dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Perceived Desirability,
Perceived Feasibility, Faktor Pendidikan dan Intensi Berwirausaha.
Penelitian ini menggunakan data primer (kuesioner). Populasi dalam
penelitian ini adalah 381 alumni mahasiswa UIN Walisongo
Semarang (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). Sampel yang diambil
berjumlah 79 Alumni dengan menggunakan metode purposive
sampling. Alat analiss menggunakan SPSS 16.0 yang meliputi uji
validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik yang diantarnya uji
multkoleniaritas , uji normalias dan uji heterokedastitas, lalu
menggunakan uji analisis regresi linier berganda, uji f,uji t dan ji
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Perceived
Desirability dan Perceived Feasibility berpengaruh positif signifikan
terhadap intensi berwirausaha sedangkan pada faktor pendidikan
berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap intensi
berwirausaha dengan tingkat signifikan kurang dari 0,05 atau 5%.
Secara simultan, Perceived Desirability, Perceived Feasibility dan
faktor pendidikan berpengaruh signifikan terhadap intensi
berwirausaha. Nilai koefisien determinasi (R Square) adalah 0,549 %.
Hal ini berarti 54,9% intensi berwirausaha dapat dijelaskan oleh
variabel Perceived Desirability, Perceived Feasibility dan Faktor
Pendidikan. Sedangkan 45,1% intensi berwirauasaha dapat dijelaskan
dari variabel lain yang tidak digunakan dipenelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perceived desirability; Perceived feasibility, Faktor pendidikan; Intensi Bewirausaha
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Dewi Wahyuni
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:43
Last Modified: 15 Apr 2021 03:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12601

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics