Manajemen pendayagunaan zakat produktif dalam program lapak berkah Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah

Khotimah, Khusnul (2019) Manajemen pendayagunaan zakat produktif dalam program lapak berkah Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036016_Khusnul Khotimah]
Preview
Text (skripsi_1501036016_Khusnul Khotimah)
skripsi_1501036016_Khusnul Khotimah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Khusnul Khotimah (1501036016) dengan judul “Manajemen Pendayagunaan Zakat Produktif dalam Program Lapak Berkah Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah”. Skripsi, Semarang, Program Strata (SI), Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
Penulis melakukan penelitian di LAZNAS IZI Kantor Perwakilan Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Puspowarno Raya No. 52 Bojongsalaman, Semarang Barat, Kota Semarang Jawa Tengah. Penelitian ini bermaksud untuk (1) mengetahui manajemen pendayagunaan zakat produktif dalam program lapak berkah Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen pendayagunaan zakat produktif dalam program lapak berkah Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan oleh penulis adalah data primer dan data sekunder, yang kemudin dianalisis menggunakan model analisis kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu denga reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) Manajemen pendayagunaan zakat produktif dalam program lapak berkah IZI Jawa Tengah: Pertama, Perencanaan (Planning) yaitu Koordinasi dengan penerima manfaat program lapak berkah, Koordinasi dengan mitra IZI mengenai tempat dan siapa saja calon mustahik, Adanya relawan mencari calon mustahik, Koordinasi dengan pembuat gerobak, dan Merencanakan da’i dan narasumber kewirausahaan. Kedua, Pengorganisasian (Oranizing) yaitu Koordinasi dengan relawan pendampingan dan Koordinasi dengan mitra pendampingan. Ketiga, Penggerakan (Actuating) yaitu Launching program. Keempat, Pengawasan (Controlling) yaitu Pendampingan ekonomi dan pendampingan keagamaan. (2) Faktor pendukung dan factor penghambat dalam manajemen pendayagunaan zakat produktif dalam program lapak berkah, factor pendukung: Adanya mitra IZI (Women Preneur Community dan Indonesia Power), adanya relawan IZI Jawa Tengah, adanya da’I dan narasumber kewirausahaan dalam pendampingan program, keterlibatan tokoh masyarakat. Factor penghambatnya adalah kurang beraturnya penetapan waktu berkumpul mustahi, alokasi waktu yang kurang di tetapkan mitra kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen zakat; Zakat produktif; Inisiatif Zakat Indonesia (IZI); Manajemen dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:56
Last Modified: 23 May 2021 05:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics