Analisis efisiensi pasar terhadap pengumuman right issue melalui abnormal return : studi kasus perusahaan yang tercatat di indeks saham syariah Indonesia tahun 2018

Wardani, Nungki Kusuma (2019) Analisis efisiensi pasar terhadap pengumuman right issue melalui abnormal return : studi kasus perusahaan yang tercatat di indeks saham syariah Indonesia tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1405026078_Nungki Kusuma Wardani.pdf]
Preview
Text
Skripsi_1405026078_Nungki Kusuma Wardani.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Right issue merupakan salah satu peristiwa yang dipublikasikan. Pengumuman right issue dapat digunakan untuk melihat reaksi pasar. Reaksi pasar yaitu respon atau reaksi para investor ketika adanya suatu pengumuman. Salah satu cara untuk mengetahui adanya reaksi pasar yaitu dengan melihat abnormal return saham. Efisiensi pasar yaitu investor yang tidak mungkin mendapatkan abnormal return. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman right issue dan adakah reaksi pasar yang timbul ketika terjadinya pengumuman right issue.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang melakukan right issue tahun 2018. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel terdiri dari 9 perusahaan dengan periode pengamatan 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah pengumuman right issue. Data yang digunakan berupa data harga saham harian (Close Price) dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) harian. Penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tidak ditemukannya perbedaan yang signifikan antara abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman right issue. Artinya bahwa tidak timbulnya reaksi pasar ketika adanya pengumuman right issue. Hal tersebut disebabkan pasar cenderung antisipasi terhadap suatu pengumuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Right issue; Abnormal return; Market efficiency; Indeks saham syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Noor Lailatul Arofah
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:00
Last Modified: 23 Apr 2021 06:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12607

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics