Respon penonton terhadap konten dakwah Gita Savitri Devi melalui channel Youtube

Hikmatuzzakia, Hikmatuzzakia (2019) Respon penonton terhadap konten dakwah Gita Savitri Devi melalui channel Youtube. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1501026025_Hikmatuzzakia]
Preview
Text (Skripsi_1501026025_Hikmatuzzakia)
Skripsi_1501026025_Hikmatuzzakia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dunia teknologi dan internet berkembang sangat pesat, tak
terkecuali di Indonesia. Internet disebut sebagai pusat informasi bebas
hambatan karena dapat menghubungkan satu situs informasi ke situs
informasi lainnya dalam waktu yang singkat. Salah satunya adalah
berkurangnya pengetahuan akan konten-konten positif di internet yang
membuat sebagian remaja belum dapat memanfaatkan peran teknologi
dan media digital secara optimal. Karena itu banyak da’i dan conten
creator muda yang menggunakan berbagai macam metode dakwah untuk
menyebarkan agama Islam. Salah satu conten creator yang menyebarkan
dakwah dengan memberikan nilai-nilai positif adalah Gita Savitri Devi.
Hampir semua video yang diunggah merupakan video dengan konten
poitif, informatif, dan edukatif. Penelitian ini difokuskan untuk
mengetahui bagaimana respon viewers terhadap konten dakwah Gita
Savitri Devi melalui channel youtube
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
respon penonton terhadap konten youtube yang berkaitan dengan materi
dakwah. Untuk mengidentifikasi persoalan tersebut, peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan observasi langsung terhadap penonton dengan melihat responrespon
disetiap video yang menjadi objek peneliti. Sedangkan untuk teknik
analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Sebagai fokus
penelitian, peneliti mengambil tiga video yang dijadikan objek penelitian.
Adapun hasil penelitian ini, dari indikator respon kognitif
tayangan Gita Savitri cukup memberikan sebuah informasi dan
pengetahuan dari segmen dakwah yang ditayangkan. Dimana da'i
memaparkan ceramah dengan gaya penyampainnya yang jelas dengan
memberikan contoh kasusnya serta tidak menggurui sehingga da’i dapat
diterima dengan baik oleh mad’u. Dari indikator respon afektif tayangan
Gita Savitri sangat mengedukatif dan membuka pikiran remaja untuk
lebih aware dan peduli terhadap permasalahan sekitar. Beberapa viewers
juga merasakan feedback yang di dapat dari apa yang telah di sampaikan.
Dari indikator respon konatif tayangan Gita Savitri penonton ikut
membagikan pengalamannya dengan memberikan persepsi dari apa yang
di bahas, hal ini membuat penonton merasa ada dorongan dan motivasi
dari setiap segmen channel youtube Gita Savitri Devi. Ilmu dan
pengetahuan yang didapatkan pun bisa diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari. Dari ketiga respon diatas dapat disimpulkan bahwa penonton
memberikan respon positif dari segmen konten dakwah Gita Savitri Devi.
Tak hanya komentar positif saja, banyak dari viewers yang ikut serta
membagikan pengalamannya di kolom komentar tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Respon penonton; Channel youtube; Dakwah; Komunikasi dan Penyiaran Islam; Gita Savitri Devi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Irna Latifatul Khoiriyyah
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:07
Last Modified: 20 Apr 2021 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12613

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics