Aktivitas dakwah KH. Muhammad Fathurrohman pada masyarakat Sidaharja Suradadi Tegal

Muyassaroh, Dewi (2019) Aktivitas dakwah KH. Muhammad Fathurrohman pada masyarakat Sidaharja Suradadi Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036048_Dewi Muyassaroh]
Preview
Text (skripsi_1501036048_Dewi Muyassaroh)
skripsi_1501036048_Dewi Muyassaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Nama Dewi Muyassaroh (1501036048) dengan judul penelitian: Aktivitas Dakwah KH. M. Fathurrohman Pada Masyarakat Sidaharja Suradadi Tegal. Adapun tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui aktivitas dakwah KH. M. Fathurrohman pada masyarakat Sidaharja. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan aktivitas dakwah KH. M. Fathurrohman pada masyarakat Sidaharja. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua aktivitas dakwah KH. M. Fathurrohman dibebankan kepada masing-masing bidang sesuai struktur organisasi. Aktivitas dakwah KH. M Faturrohman di Desa Sidaharja Suradadi Tegal diantaranya: Jamiyahan Seninan, Jamiyahan Selasanan, Jamiyahan Rabunan, Jamiyahan Jum’atan, Jamiyahan Sabtunan, dan Bimbingan Kerohanian di RSUD Suradadi. Dalam melaksanakan aktivitas dakwah pada masyarakat Sidaharja, KH. M. Fathurrohman menggunakan metode dakwah yang meliputi metode dakwah al-hikmah, mauidzah khasanah, dan dakwah bil-qalam.
Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh KH. M. Fathurrohman dalam aktivitas dakwahnya, maka peneliti mengklasifikasikan menggunakan analisis SWOT yaitu Strengths (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunities (peluang) dan Threat (ancaman). Faktor Internal yang terdiri dari dalam organisasi yang berupa kekuatan dan kelemahan. Kekuatan yaitu adanya tanggung jawab dan loyalitas yang baik dari para pemimpin dan pengurus kegiatan dakwah yang menjadikan masyarakat semakin berkembang, adanya kesamaan visi dan misi antara da’i, mad’u dan pengurus kegiatan dakwah. Kelemahan (weakness) yang dimiliki yaitu Kurang eratnya hubungan antara anggota jamiyah satu dengan jamiyah yang lainnya, kurangnya kedisiplinan para anggota jamiyah sehingga durasi waktu pelaksanaan aktivitas dakwah kurang efisien.
Kemudian Faktor eksternal terdiri dari faktor yang berasal dari luar organisasi yang berupa peluang dan ancaman. Peluang ( Opportunities) yaitu adanya partisipasi positif yang diberikan oleh semua pihak, baik dari da’i, mad’u ataupun masyarakat setempat yang ingin mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi jam’iyah yang ada. Adanya kerjasama dari masyarakat setempat dalam melaksanakan kegiatan dakwah, baik berupa moril ataupun berupa material. Adapun ancaman (Threat) pada aktivitas dakwah KH. M. Fathurrohman yaitu karena perubahan zaman yang semakin modern baik teknologi ataupun mesin sehingga tidak pandang umur, terkadang masih banyak jama’ah yang masih menggunakan ponselnya ketika pengajian sedang berlangsung, munculnya rasa bosan pada mad’u kepada da’i.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dakwah; Manajemen dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:57
Last Modified: 23 May 2021 05:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12619

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics