Strategi dakwah KH. Muhammad Idris Nor dalam meningkatkan religiusitas masyarakat Sukolilan Kabupaten Kendal

Aida, Ana Nur (2019) Strategi dakwah KH. Muhammad Idris Nor dalam meningkatkan religiusitas masyarakat Sukolilan Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036055_Ana Nur Aida]
Preview
Text (skripsi_1501036055_Ana Nur Aida)
skripsi_1501036055_ANA NUR AIDA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Strategi Dakwah K.H. Muhammad Idris Nor dalam Meningkatkan Religiusitas Masyarakat Sukolilan Kabupaten Kendal. Strategi hakikatnya adalah perencanan (planning) dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan tersebut strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukan arah jalan saja tetapi harus menunjukkan bagaimana teknik. Kondisi masyarakat Sukolilan Patebon Kendal sebelum ada Pesantren Nurul Qur’an dan dakwahnya K.H. Muhammad Idris Nor belum terlalu perduli dengan kegiatan keagamaan sehingga setelah kehadiran beliau dapat membawa keberhasilan strategi dakwah dalam meningkatkan religiutas seseorang dengan memperhatikan berbagai aspek melalui strategi dakwah yang tepat.
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi dakwah yang dilakukan K.H. Muhammad Idris Nor untuk meningkatkan religiusitas masyarakat Sukolilan kabupaten Kendal. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi dakwah K.H. Muhammad Idris Nor dalam Meningkatkan Religiusitas Masyarakat Sukolilan Kabupaten Kendal.
Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian lapangan bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, data yang telah di dapat kemudian dianalisis melalui analisis data dengan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
1) Strategi dakwah K.H. Muhammad Idris Nor dalam Meningkatkan Religiusitas Masyarakat Sukolilan Kabupaten Kendal melalui berbagai strategi yaitu:
a) Strategi dakwah yat luu’alaihim aayatih adalah sebagai proses komunikasi.
b) Strategi dakwah yu’alimul hummul kitaaba wal khikmah, adalah strategi yang dilakukan melalui proses pendidikan, yakni proses pembebasan manusia dari berbagai penjara kebodohan yang sering melilit kemerdekaan dan kreatifitas.
c) Strategi dakwah yuzakkiihim, adalah strategi dakwah yang dilakukan melalui proses pembersihan sikap dan perilaku.
2) Faktor pendukung strategi dakwah K.H. Muhammad Idris Nor dalam Meningkatkan Religiusitas Masyarakat Sukolilan Kabupaten Kendal berasal dari berbagai dimensi seperti: Dimensi Keyakinan (ideologis), Dimensi Ritualistik, Dimensi Pengalaman, Dimensi Intelektual dan Dimensi Pengamalan.
Indikator yang digunakan yaitu:
a. Komitmen terhadap perintah dan larangan Allah.
b. Bersemangat mengkaji ajaran agama.
c. Aktif dalam kegiatan agama.
d. Menghargai simbol-simbol keagamaan.
e. Akrab dengan kitab suci.
f. Mempergunakan pendekatan agama dalam menentukan pilihan.
g. Ajaran agama dijadikan sebagai sumber pengembangan ide.
Dimensi dan indikator religiusitas digunakan oleh K.H. Muhammad Idris Nor mampu menggerakkan serta meningkatkan religiusitas keagamaan masyarakat Sukolilan, juga partisipasi dari masyarakat sekitar yang mendukung secara sarana dan prasarana terhadap berlangsungnya strategi dakwah dimasyarakat Sukolilan Kendal, faktor penghambat terdapat pada kurangnya kedisiplinan waktu yang sesuai jadwal, sumber daya manusia yang kurang agamis, segolongan manusia yang tidak ingin merubah agamanya menjadi lebih baik, namun hambatan tersebut bisa diatasi dengan terus melakukan dakwah melalui pembelajaran, meningkatkan lagi minat mengaji sehingga memperbaiki partisipasi masyarakat dan meningkatkan religiusitas masyarakat Sukolilan ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; K.H. Muhammad Idris Nor; religiusitas; Manajemen dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:56
Last Modified: 23 May 2021 04:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12621

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics