Studi manajemen Masjid Al-fithroh Kampus II UIN Walisongo Semarang

Rahmawati, Firda (2019) Studi manajemen Masjid Al-fithroh Kampus II UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036063_Firda Rahmawati]
Preview
Text (skripsi_1501036063_Firda Rahmawati)
skripsi_1501036063_Firda Rahmawati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

FIRDA RAHMAWATI (1501036063) : STUDI MANAJEMEN MASJID AL-FITHROH KAMPUS II UIN WALISONGO SEMARANG
Skripsi ini membahas tentang Studi Manajemen Masjid Al-Fithroh Kampus II UIN Walisongo Semarang, kajiannya dilatarbelakangi oleh setiap kegiatan dakwah yang bercorak sosial, ekonomi, pendidikan dan kesejahteraan sosial, serta peningkatan taraf hidup umat adalah bagian dari bentuk dakwah bil-hal, salah satunya adalah melakukan upaya menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan dakwah.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1. untuk mengetahui Manajemen Masjid Al-Fithroh Kampus II Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2. untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen masjid Al-Fithroh Kampus II UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunujukkan bahwa manajemen Masjid Al-Fithroh tentunya tidak terlepas dari 4 fungsi manajemen, yang pertama yaitu perencanaan sebuah kegiatan itu diatur terlebih dahulu dengan mengadakan sebuah rapat dan meminta dukungan dari atasan (Ketua Badan Amalan Islam) Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, yang kedua pengorganisasian itu tugasnya berjalan sesuai dengan struktur organisasi namun juga harus saling bekerjasama jika ada yang membutuhkan. Yang ketiga, penggerakan semua kegiatan-kegiatan di Masjid Al-Fithroh ini digerakkan sesuai dengan koordinatornya dan sesuai dengan bidangnya, namun semua itu sudah digerakkan mengikuti perintah atasan, atau dari Ketua Badan Amalan Islam UIN Walisongo Semarang. Adapun faktor pendukung diantaranya mendapatkan bimbingan langsung dari Pengurus Badan Amalan Islam UIN Walisongo Semarang, dan mendapatkan bantuan dari atasan Kampus 1 bagian pemegang sarana prasarana Kampus Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dan para pengurus Ta’mir juga bekerjasama dengan bidangnhya dan adapun faktor penghambatnya antara lain kekurangan anggota pengurus ta’mir, kerusakan sarana prasarana masjid secara dadakan, dan para pengunjung masjid masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Masjid Al-Fithroh, UIN Walisongo Semarang; Manajemen Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:10
Last Modified: 23 May 2021 06:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12623

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics