Pengelolaan kegiatan dakwah Kajian Ahad Pagi di Corps Dakwah Masjid Syuhada (CDMS) Kotabaru Gondokusuman Yogyakarta

Pertiwi, Eni (2019) Pengelolaan kegiatan dakwah Kajian Ahad Pagi di Corps Dakwah Masjid Syuhada (CDMS) Kotabaru Gondokusuman Yogyakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036082_Erni Pertiwi]
Preview
Text (skripsi_1501036082_Erni Pertiwi)
skripsi_1501036082_Erni Pertiwi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Erni Pertiwi (1501036082), Pengelolaan Kegiatan Dakwah Kajian Ahad Pagi di Corps Dakwah Masjid Syuhada (CDMS) Kotabaru Gondokusuman Yogyakarta. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. 2019.
Penelitian ini bertujuan mendeskripskan tentang pengaturan secara sistematis dan koordinatif dalam kegiatan dakwah kajian ahad pagi di Corps Dakwah Masjid Syuhada (CDMS). Masjid Syuhada adalah sebuah masjid yang berdiri karena sejarah perjuangan. Manajemen dakwah yang diterapkan pada awal mulanya tidak berjalan mulus, sehingga kegiatan dakwah tidak berkembang dengan baik. Namun kini, manajemen yang diterapkan sudah modern dan kegiatan dakwah yang ada sudah berkembang sedemikian rupa. Dari sini, penulis merumuskan permasalahan penelitian antara lain: 1) mengetahui bagaimana pengelolaan kegiatan dakwah, pengelolaan dana dan pengelolaan SDM pada lembaga non-formal Corps Dakwah Masjid Syuhada Kotabaru Gondokusuman Yogyakarta. dan. 2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat kegiatan dakwah kajian ahad pagi oleh CDMS dengan objek CDMS.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan obyek penelitian dari garis besar Masjid Syuhada. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kemudian observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data adalah analisis kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan: Fungsi pengelolaan kegiatan dakwah di Masjid Syuhada Kotabaru Gondokusuman Yogyakarta meliputi lima tahap, yaitu: (1) Planning (perencanaan), (2) Organizing (pengorganisasian), (3) Actuating (pelaksanaan) dan (4) Controlling (pengawasan) dan (5) Evaluasi dengan menerapkan rincian prinsip-prinsip kelima tahap tersebut. Pengelolaan kegiatan dakwah kajian ahad pagi corps dakwah masjid syuhada sudah sistematis dan konsepsional, terlihat dari pelaku dakwah yang memiliki pendidikan ke-Islaman, objek dakwahnya telah disesuaikan dengan kemampuan dalam pemberian materi, materi dakwah yang diberikan sudah tersusun, metode dakwah yang digunakan disesuaikan dengan kondisi mad’u, dan sasaran dakwah sudah cukup memadai.
Setiap kegiatan memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung diantaranya: adanya motor / penggerak, nama besar masjid syuhada, publikasi sosial media, dan tema yang menarik. Sedangkan untuk faktor penghambatnya diantaranya: kurangnya personil, komunikasi kepada pembicara, lokasi masjid yang tidak strategis, pasang surut semangat pengurus, jamaah terlalu selektif, tidak adanya tempat khusus untuk kajian ahad pagi, terbatasnya dana, dan waktu pelaksanaan kajian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen masjid; Dakwah Ahad Pagi; Manajemen dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:08
Last Modified: 23 May 2021 05:45
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12629

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics