Manajemen pengembangan sumber daya manusia di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Al-Hikmah Semesta Jepara (perspektif dakwah)

Nurhasanah, Nurhasanah (2019) Manajemen pengembangan sumber daya manusia di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Al-Hikmah Semesta Jepara (perspektif dakwah). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036088_Nurhasanah]
Preview
Text (skripsi_1501036088_Nurhasanah)
skripsi_1501036088_Nurhasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Nama : Nurhasanah, 1501036088 Judul: Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wat Tamwil Al-Hikmah Semesta Jepara (Perspektif Dakwah). Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN WALISONGO Semarang.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pengembangan SDM di KSPPS BMT AL-Hikmah Semesta Jepara. Dalam skripsi ini terdapat teori manajemen SDM dari beberapa ahli beserta fungsi-fungsi MSDM sebagai proses melakukan kegiatan pengembangan SDM di KSPPS BMT AL-Hikmah Semesta Jepara yang melakukan kegiatan manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan, dan pemberhentian.
Jenis peneltian skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan sumberdaya manusia. Sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam menyusun skripsi menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sumber data yang digunakan diperoleh dari HRD (Human Resource Departement), karyawan KSPPS BMT AL-Hikmah Semesta Jepara, dan kepustakaan yang terkait dengan judul skripsi ini. Peneliti juga menggunakan data-data deskriptif berupa kata kata tertulis atau lisan dari responden serta perilaku yang diamati. Adapun teknik pengabsahan data dengan menggunakan metode trianggulasi yaitu dengan mengumpulkan sumber data yang diperoleh guna pemeriksaan pengabsahan data dengan memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data pokok sebagai pembanding terhadap data yang sudah ada.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia yang dilakukan di KSPPS BMT AL-HIKMAH Semesta Jepara adalah yang pertama yaitu menentukan kebutuhan karyawan, lalu mematangkan perencanaan, menyusun pengorganisasian, lalu melakukan kegiatan pengembangan. Salah satu perencanaan pengembangan sdm yaitu dengan pelatihan dan pembinaan keagamaan, serta pengarahan dan pemberian motivasi terhadap karyawan yang merasa lemah atau kurang mampu dalam pekerjaannya. Pelatihan dan pembinaan keagamaan ini adalah sebagai langkah untuk memenuhi kebutuhan karyawan dalam meningkatkan kualitas, potensi, dan semangat kerja karyawan. Adapun untuk pelatihannya sendiri itu adalah sesuai dengan kebutuhan yang telah diatur oleh bagian HRD (Human Resources Departement), atau bisa juga permintaan dari karyawan maupun manager yang dirasa ada materi yang belum pernah karyawan (bawahan) dapatkan. Sedangkan untuk pembinaan keagamaan ini merupakan kegiatan (kajian) rutin yang diwajibkan bagi seluruh karyawan KSPPS BMT AL-HIKMAH Semesta Jepara.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pengembangan sdm; KSPPS BMT; Perspektif dakwah; Manajemen dakwah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:00
Last Modified: 23 May 2021 05:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12633

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics