Manajemen pendistribusian dana zakat pada program sukses berkah preneur (UKM Tangguh) di Daarut Tauhid Peduli Cabang Semarang

Oktaviani, Siti Arofatul (2019) Manajemen pendistribusian dana zakat pada program sukses berkah preneur (UKM Tangguh) di Daarut Tauhid Peduli Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036094_Siti Arofatul Oktaviani]
Preview
Text (skripsi_1501036094_Siti Arofatul Oktaviani)
skripsi_1501036094_Siti Arofatul Oktaviani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

SITI AROFATUL OKTAVIANI (1501036094) “Manajemen Pendistribusian Dana Zakat pada Program Sukses Berkah Preneur (UKM Tangguh) di Daarut Tauhiid Peduli Cabang Semarang”. Program Strata 1 (S1), Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pertama, untuk mengetahui manajemen pendistribusian dana zakat pada program Sukses Berkah Peneur (UKM Tangguh) di Daarut Tauhiid Peduli Cabang Semarang. Kedua, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendistribusian dana zakat pada program Sukses Berkah Preneur (UKM Tangguh) di Daarut Tauhiid Peduli Cabang Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini termasuk penelitian lapangan, teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini yaitu: Pertama, pendistribusian dana zakat pada program Sukses Berkah Preneur (UKM Tangguh) di Daarut Tauhiid Peduli Cabang Semarang dilihat dari fungsinya pada tahap perencanaan telah memenuhi kriteria perencanaan dengan renaca jangka panjang dan rencana pertumbuhan untuk dapat mengembangkan pendistribusian program. Pada tahap pengorganisasian sudah ada struktur organisasinya dengan baik, hanya saja belum adanya pembagian kerja yang jelas pada divisi penyaluran dan pendayagunaan. Pada tahap pelaksanaan kegiatannya baik karena sudah sesuai dengan apa yang direncanakan dan sesuai dengan indikator pelaksanaan yaitu bimbingan, motivasi dan komunikasi. Pada tahap pengawasan pendistribusian mengunakan pengawasan dari kepala divisi penyaluran dan pendayagunaan ke staf divisi penyaluran dan pendayagunaan seperti pengawasan saat sedang dilakukan pendistribusian, dan hasil setelah dilakukan pendisribusian, semuanya tetap berjalan untuk kegiatan mengawasi mustahik. Dilihat dari unsur yang melingkupinya yaitu dengan para pengelola zakat di Daarut Tauhiid Peduli Cabang Semarang sebagai Sumber Daya Manusia yang mengatur keuangan tetap satabil untuk bisa memenuhi fasilitas dan mendistribusikannya kepada mustahik yang membutuhkan, dengan cara mendistribusikan dana seperti modal usaha atau melalui pemberian fasilitas. Di Daarut Tauhiid Peduli juga telah didukung peralatan canggih dan bahan baku yang lengkap untuk membantu kegiatannya sampai pada tahap pemasaran yang luas hingga dapat diterima oleh masyarakat. Kedua, faktor pendukung pendistribusian dana zakat pada program Sukses Berkah Preneur (UKM Tangguh) yaitu membebaskan usaha mustahik, tidak terikat dengan jenis kelamin, bekerjasama dengan komunitas tangan diatas (TDA) Semarang yang juga mendapat ilmu ruhiyah dengan pelaksanaan yang individu dan rencana program yang terstruktur. Faktor penghambat pendistribusian dana zakat pada program Sukses Berkah Preneur (UKM Tangguh) yaitu membina zakat produktif tidak semudah membina zakat konsumtif, open recruitmentnya belum teratur, struktur organisasinya belum mempunyai job deskripsi dan sulit memahami mustahik yang tidak mempunyai jiwa bisnis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendistribusian dana zakat; lembaga amil zakat (LAZ); Manajemen dakwah; UKM Tangguh
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ahmad Hisyam As-Syafi'i
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:12
Last Modified: 23 May 2021 05:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12640

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics