Manajemen program Koin Nahdlotul Ulama (Koin NU) Desa Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung

Muyasaroh, Asna (2019) Manajemen program Koin Nahdlotul Ulama (Koin NU) Desa Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036098_Asna Muyasaroh]
Preview
Text (skripsi_1501036098_Asna Muyasaroh)
skripsi_1501036098_Asna Muyasaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Nama Asna Muyasaroh NIM 1501036098, Judul : Manajemen Program KOIN Nahdlotul Ulama (KOINNU) Desa Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung
Kotak Infaq Nahdlotul Ulama (KOINNU) adalah kegiatan berinfaq sesuai dengan keikhlasan warga tanpa adanya aturan yang baku atau tetap. Kegiatan ini kini sudah berjalan di seluruh kabupaten di Indonesia. Desa Sukomarto kini menjadi salah satu desa yang menjadi sorotan desa-desa yang lain, hal ini disebabkan karena hasil setiap bulannya paling banyak dan manajemen pengelolaannya juga sudah bagus dibandingkan desa yang lainnya. Tingkat perolehan hasil yang banyak ini menjadikan desa yang lain semakin bersemangat dalam berinfaq. Oleh karena itu, Keunggulan jumlah Kotak Infaq Nahdlotul Ulama (KOINNU) terbanyak dengan pengelolaan manajemen yang bagus, penulis melakukan penelitian dengan judul “Manajemen Program Koin Nahdlotul Ulama (KOINNU) Desa Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung”
Hal ini telah dikaji dalam penelitian ini yaitu: 1).Manajemen Program Koin Nahdlotul Ulama (KOINNU) Desa Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung. 2).Pemanfaatan Koin Nahdlotul Ulama (KOINNU) Desa Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung. 3).Faktor Pendukung dan Penghambat Program Koin Nahdlotul Ulama (KOINNU) Desa Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung. Maka Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif analisis yaitu berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa sistematis yang ada dilapangan kemudian data tersebut dipelajari dan dianalisis sehingga dibuat suatu kesimpulan dan generalisasi yang bersifat umum.
Sehingga hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pengelolaan Kotak Infaq Nahdlotul Ulama (KOINNU) Desa Sukomarto Kecamatan Jumo Kabupaten Temanggung mengunakan manajemen yang sudah sesuai dengan fungsi-fungsi menurut teory G.R Terry yaitu Planning (perencanaan) yang meliputi perencanaan penyaluran atau pendayagunaan melalui program yang sudah ada yang semuanya dilakukan untuk mencapai tujuan untuk mensejahterakan umat. Organizing (pengorganisasian) Kepengurusan program KOINNU ini cukup simple karena didalamnya hanya ada koordinator, administrasi, seksi penyaluran dan seksi pengumpulan. Actuating (penggerakan), penggerakan memiliki fungsi memotivasi dan bimbingan sehingga sumber daya pengurus memiliki disiplin kerja yang tinggi agar mereka mampu bekerja secara optimal, menjalankan tugas sesuai dengan bidangnya serta keterampilan yang mereka miliki. Dan terakhir controlling (pengawasan), bentuk pengawasan yang dilakukan yaitu pihak koordinator sendiri dalam melaksanakan pengawasan selalu mantau setiap harinya. Karena pengelolaan ini lingkupnya dalam satu desa.
Pemanfaatan pengelolaan dana Kotak Infaq Nahdlotul Ulama (KOINNU) ini sesuai dengan program yang ada yaitu penguatan organisasi yang didalamnya mencakup mengenai: biaya operasional, sosial keagamaan, pendidikan organisasi, ekonomi organisasi. Sedangkan untuk 4 pilar NUCARE LAZISNU meliputi: pendidikan, sosial keagamaan, kesehatan dan siaga bencana.
Setiap aktifitas pasti tidak akan lepas dari yang namanya faktor pendukung dan faktor penghambat. Seperti halnya dalam manajemen program KOINNU di Desa Sukomarto dengan menggunakan analisis SWOT. Berikut Analisis SWOT pada manajemen program KOINNU di Desa Sukomarto: Strength (Kekuatan) pada kekuatan ini hal-hal yang bisa menjadi pendukung dalam kegiatan KOINNU sehingga program ini bisa menjadi semangat masyarakat dan juga pengurus, Weakness (Kelemahan) disis lain dalam masalah administrasi kepengurus mengalami kelemahan, Opportunity (peluang) pembagian hasil sebanyak 70% akan dikelola oleh Desa Sukomarto dengan melihat kebutuhan masyarakat, Treathment (tantangan/ancaman) pengurus belum menemukan cara yang tepat untuk transparansi dana, ditakutkan masyarakat ada yang belum tahu transparansi penggunaan dana tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Koin NU; LAZISNU; Manajemen Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 19 Apr 2021 04:05
Last Modified: 23 May 2021 05:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12643

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics