Peran dakwah Ustadz Sunhaji dalam menanamkan nilai akhlaqul karimah santri di Ponpes Nurul Islami Mijen Semarang

Meirawanty, Luluk (2019) Peran dakwah Ustadz Sunhaji dalam menanamkan nilai akhlaqul karimah santri di Ponpes Nurul Islami Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036097_Luluk_Meirawanty.pdf]
Preview
Text
skripsi_1501036097_Luluk_Meirawanty.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Nama Luluk Meirawanty Nim (1501036097), Judul : Peran Dakwah Ustadz Sunhaji dalam Menanamkan Nilai Akhlaqul Karimah di Ponpes Nurul Islami Mijen Semarang.
Pondok Pesantren menjadi identitas bagi keberadaan suatu santri di tempat sekitar. Selain sebagai tempat untuk mengemban Ilmu Agama Ponpes juga sebagai tempat untuk memperbaiki akhlak, Ponpes berfungsi sebagai lembaga dakwah yang perannya sangat penting di masyarakat. Salah satunya yaitu sebagai tempat untuk menanamkan nilai-nilai akhlaqul karimah santri agar dapat berbuat kebaikan dan menjunjung tinggi nilai-nilai Islam sesuai dengan tuntunan agama. Dalam rangka mencapai peran tersebut, diperlukan adanya kegiatan dakwah yang dilakukan oleh Ustadz Sunhaji untuk mengelola, membina, membimbing santri- santri tersebut. Sehingga potensi-potensi yang dimiliki Ponpes Nurul Islami dapat tersalurkan dengan benar serta kegiatan yang ada di Ponpes tersebut dapat menjadi wadah untuk melakukan pembinaan, pembelajaran terhadap semua santri agar tercipta santri-santri yang berakhlakul karimah sesuai dengan ajaran Islam Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui peran dakwah ustadz sunhaji dalam menanamkan nilai akhlaqul karimah di Ponpes Nurul Islami Mijen Semarang, peran dakwah tersebut dapat dilihat melalui berbagai upaya- upaya yang dilakukan oleh ustadz sunhaji di Ponpes tersebut. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan pengahambat dalam menanamkan nilai akhlaqul karimah di Ponpes Nurul Islami Mijen Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang peran dakwah ustadz sunhaji dalam menanamkan nilai akhlaqul karimah di Ponpes Nurul Islami Mijen Semarang. Sumber data penelitian yang di gunakan adalah sumber data primer berupa informasi-informasi dari lapangan melalui pengamatan secara langsung dengan cara wawancara dengan ketua atau pemimpin Ponpes Nurul Islami, ketua pengurus Ponpes Nurul Islami, Ustadz Sunhaji, Ustadzh-Ustadzah yang ada di Ponpes Nurul Islami, Masyarakat sekitar Ponpes Nurul Islami dan anggota lainnya, kemudian sumber data sekunder yang berupa buku, data-data dokumentasi Ponpes Nurul Islami dan data laporan kegiatan Ponpes Nurul Islami serta data –data yang lain sebagai pelengkap data primer.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan proses berfikir induktif yaitu berangkat dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa yang bersifat empiris kemudian data tersebut dipelajari dan dianalisis sehingga bisa dibuat suatu kesimpulan dan generalisasi yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan : (1) peran dakwah yang dilakukan oleh ustadz sunhaji dalam menanamkan nilai akhlaqul karimah adalah dengan upaya-upaya penanaman nilai-nilai luhur yang terkandung dalam akhlaqul karimah itu sendiri seperti berlaku jujur, berbakti kepada kedua orang tua, memelihara kesucian diri, kasih saying, berlaku hemat, sederhana, perlakuan baik kepada sesama, melakukan kebenaran yang hakiki, pemaaf, adil, malu, sabar, bersyukur, dan sopan santun. (2) Faktor-faktor yang mendukung peran dakwah ustadz sunhaji dalam menanamkan nilai akhlaqul karimah di Ponpes Nurul Islami Mijen Semarang, meliputi: (1) kajian dan pembelajaran, (2) dukungan dari masyarakat. Sedangkan Faktor penghambat Peran Dakwah Ustadz Sunhaji dalam Menanamkan Nilai Akhlaqul Karimah di Ponpes Nurul Islami Mijen Semarang meliputi: (1) alat komunikasi (handphone), (2) kurangnya perhatian dari orang tua, (3) adanya pengaruh dari santri kalong.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Ustadz Sunhaji; Nilai akhlaqul karimah; Ponpes Nurul Islami
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ahmad Hisyam As-Syafi'i
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:38
Last Modified: 23 May 2021 05:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12647

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics