Studi komparasi pengelolaan penghimpunan zakat, infaq, shadaqah di Lazismu dan Lazisnu Kabupaten Kendal Tahun 2018

Nisa, Setiana Khoirun (2019) Studi komparasi pengelolaan penghimpunan zakat, infaq, shadaqah di Lazismu dan Lazisnu Kabupaten Kendal Tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1501036098_Setiana_Khoirun_Nisa.pdf]
Preview
Text
skripsi_1501036098_Setiana_Khoirun_Nisa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan penghimpunan dana merupakan kegiatan pengelolaan yang paling mendasar. Untuk meningkatkan daya guna dan hasil guna zakat, infaq dan shodaqoh di perlukan manajemen penghimpunan atau tata kelola dana supaya dapat peningkatkan pendapatan ZIS. Sistem penghimpunan dana untuk membiayai program dan kegiatan sebuah lembaga atau badan amil zakat infaq dan shodaqoh biasa disebut dengan fundraising. Dalam rangka mewujudkan tercapainya pengelolaan yang efektif dan efisien LAZISMU dan LAZISNU Kabupaten Kendal mempunyai tugas untuk meningkatkan pengumpulan dana ZIS secara maksimal. Pada tahun 2018 penghimpunan dana oleh LAZISMU dan LAZISNU Kabupaten Kendal memiliki selisih jumlah yang besar. Hal tersebut membuat penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak perbedaan antara pengelolaan penghimpunan zakat infaq dan shadaqah di LAZISMU dan LAZISNU Kabupaten Kendal dan untuk mengetahui pengelolaan penghimpunan dengan penerapan fungsi manajemen perencanaan.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian kualitatif deskriptif, Metode yang digunakan untuk menggambarkan permasalahan dengan didasari pada data-data yang ada kemudian dianalisis lebih lanjut lalu ditarik kesimpulan. Data primer diperoleh melalui hasil wawancara dengan manajer operasional dan Staf fundrasing LAZISMU dan LAZISNU Kabupaten Kendal. Sedangkan data sekunder penelitian ini diperoleh melalui hasil kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini komparasi Pengelolaan Penghimpunan Dana ZIS Pada Lazismu Dan Lazisnu Kabupaten Kendal adalah Pengelolaan Penghimpunan dana di LAZISMU kendal bekerja sama dengan kantor layanan yang tersebar di suluruh kecamatan Kabupaten Kendal. LAZISMU menghimpun Dana zakat, infaq dan shodaqah serta dana sosial lainya. Sedangkan LAZISNU kabupaten Kendal, pengelolaan penghimpunan bekerja sama dengan UPZIS Lazisnu kecamatan dan ranting untuk melakukan penghimpunan dana melelui program Koin NU. Perbedaan selisih jumlah yang besar dikarenakan LAZISNU belum memaksimalkan penghimpunan zakat karena lebih menekankan penghimpunan dana Infaq shodaqah dan dana sosial lainya. LAZISMU dan LAZISNU telah menerapkan fungsi manajemen perencanaan dan menjalankan langkah-langkah perencanaan fundraising dengan baik. pertama, Perkiraan masa depan, Cara LAZISMU dan Lazisnu dalam membaca situasi dan kondisi di lapangan sebelum melakukan aktivitas penghimpunan yaitu dengan menganalisa peluang dan tantangan yang akan terjadi di lapangan, kemudian membuat stategi-strategi penghimpunan untuk mengatasi permasalahan di masa depan yang diperkirakan akan muncul pada saat aktivitas penghimpunan. Kedua, Penentuan dan perumusan sasaran, sasaran donator LAZISMU dalam penghimpunan lebih condong kepada masyarakat diluar organisasi. LAZISNU penentuan sasaran donatur yaitu kepada seluruh masyarakat nahdliyin di kabupaten kendal Penetapan metode. Ketiga, Perencanaan penetapan Metode, Pengumpulan zakat yang dilakukan LAZISMU dan LAZISNU Kabupaten Kendal pengumpulan ZIS bisa dilakukan dengan cara metode langsung dan tidak langsung. Keempat, Penetapan waktu dan lokasi, Penetapan lokasi fundraising dilakukan didaerah seluruh Kabupaten Kendal. Lokasi ditentukan sesuai dengan peluang dilapangan dan potensi zakat masyarakat. Kelima, Penetapan program, Program yang diterapkan untuk mencari minat para donatur yaitu program jumat seribu, program kaleng sedekah dan program keagamaan-keagamaan dan lainya. Penghimpunan dana melalui Gerakan koin NU. Keenam, Penetapan biaya, target penghimpunan Lazissmu Apabila daerah tersebut memiliki potensi zakat yang banyak maka target penghimpunan lebih ditekankan di daerah tersebut. Pada tahun 2018 LAZISNU menargetkan penghimpunan sebesar 1 M.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komparasi himpunan zakat; Lazismu; Lazisnu; Manajemen Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Ahmad Hisyam As-Syafi'i
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:33
Last Modified: 23 May 2021 05:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12649

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics