Anggraeni, Dita (2019) Analisis pengaruh lokasi usaha dan jam kerja terhadap pendapatan pedagang bensin eceran pertamini di Kecamatan Boja. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1405026102_Dita_Anggraeni.pdf]
Preview
Text
skripsi_1405026102_Dita_Anggraeni.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendapatan yang diperoleh pedagang bensin eceran pertamini di Kecamatan Boja berbeda-beda setiap harinya. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor diantaranya lokasi usaha dan jam kerja pedagang. Studi ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah lokasi usaha berpengaruh terhadap pendapatan pedagang bensin eceran pertamini (2) apakah jam kerja berpengaruh terhadap pendapatan pedagang bensin eceran pertamini. Penelitian studi kasus ini dilakukan di kecamatan Boja. Teori – teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dasar- dasar manajemen, teori ekonomi, teori pendapatan dan teori –teori yang berkaitan dengan penelitian ini.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel yang diambil yaitu seluruh pedagang bensin eceran yang berjumlah 20 responden. Alat analisis menggunakan SPSS for windows versi 21.0 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, serta analisis regresi berganda, uji parsial ( uji t ), uji simultan ( uji F ) dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa semua variabel tidak berpengaruh terhadap pendapatan pedagang dan telah memenuhi kriteria pengujian yang digunakan. Adapun hasil regresi berganda sebagai berikut :
Y = 9,909 + 0,557X1 + 0,094X2 + e
Dimana variabel pendapatan ( Y ) , variabel lokasi usaha ( X1 ) dan variabel jam kerja ( X2 ) . pengujian hipotesis menggunakan Uji t menunjukkan bahwa variabel independen yang diteliti yaitu X1 lokasi usaha berpengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel dependen pendapatan pedagang. Sedangkan X2 jam kerja tidak berpengaruh yang signifikan secara parsial terhadap variabel dependen pendapatan pedagang. Kemudian Uji F dapat diketahui bahwa kedua variabel independen yang diteliti secara simultan berpengaruh terhadap variabel dependen pendapatan pedagang dengan angka adjusted R2 sebesar 0,248 menunjukkan bahwa 24,8% variabel pendapatan pedagang dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 75,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ada atau tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lokasi usaha; Jam kerja; Pendapatan pedagang; Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam); Pertamini
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ahmad Hisyam As-Syafi'i
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:21
Last Modified: 19 Apr 2021 03:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12657

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics