Urgensi penerapan konsep syariah pada asuransi usaha tani padi di Kabupaten Kudus sebagai sarana penanggulangan risiko dan ketidakpastian iklim (analysis of feasibility study)

Sari, Risda Kumala (2019) Urgensi penerapan konsep syariah pada asuransi usaha tani padi di Kabupaten Kudus sebagai sarana penanggulangan risiko dan ketidakpastian iklim (analysis of feasibility study). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_RISDA KUMALA SARI_1405026138.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_RISDA KUMALA SARI_1405026138.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pertanian merupakan sektor yang berperan penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan suatu negara. Indonesia yang merupakan negara agraris memiliki keunggulan potensi sumber daya alam yang dapat mendukung aktivitas-aktivitas di sektor pertanian. Meski demikian, sektor pertanian tidak terlepas dari tingginya risiko dan ketidakpastian yang diakibatkan dinamika iklim. Dari hal tersebut, pemerintah membentuk Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) sebagai alternatif adaptasi sekaligus bentuk perlindungan pemerintah bagi petani padi. AUTP merupakan program asuransi sosial di bawah naungan Kementerian Pertanian dan dikelola oleh PT Jasa Asuransi Indonesia, (Persero).
Di Kudus, AUTP mulai dilaksanakan pada tahun 2016. Ada sebagian wilayah pertanian di Kudus yang rawan terhadap bencana seperti banjir, kekeringan, dan gangguan Organisme Penganggu Tanaman (OPT). Untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk yang dapat terjadi, Dinas Pertanian dan Pangan bersama PT Jasindo Cabang Kudus terus berusaha mengajak petani padi untuk berpartisipasi pada AUTP. Akan tetapi dalam proses pendekatan dengan petani, masih banyak kendala yang terjadi. Salah satunya yaitu rendahnya kesadaran masyarakat tani dalam berasuransi.
Hasil respondensi pada 100 petani padi di Kudus, sebanyak 46% memiliki pengetahuan pada asuransi konvensional, 24% memiliki pengetahuan pada asuransi syariah, dan 30% tidak memiliki pengetahuan apapun pada asuransi. Dari keseluruhan responden, 29 orang telah menjadi peserta AUTP, dan 71 lainnya belum menjadi peserta. Masing-masing responden yang belum menjadi peserta, 15 diantaranya khawatir dengan kehalalan AUTP sebagai produk keuangan konvensional. Sisanya, ada yang karena belum menerima sosialisasi; belum terakses lembaga bank; beranggapan bahwa dengan ikut asuransi sama dengan mengharapkan puso (gagal); keengganan karena syarat tingkat kerugian atas kerusakan yang ditanggung harus mencapai ≥75%; dan beranggapan bahwa asuransi belum menjadi kebutuhan.
Penelitian ini mengkaji beberapa permasalahan antara lain konsep, tantangan, dan prospek AUTP di Kudus; respon dan minat petani padi pada AUTP; implikasi AUTP terhadap performance usaha tani padi; sejauhmana asuransi syariah menginfiltrasi pemahaman objek; dan urgensi penerapan konsep syariah pada AUTP. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis kualitatif dengan melakukan pendekatan melalui feasibility studies. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AUTP berkonsep syariah cukup layak untuk
xi
diimplementasikan, akan tetapi membutuhkan regulasi sebagai payung hukum serta dukungan infrastruktur dan elemen-elemen yang memadai. Kemudian, urgensi penerapan konsep syariah pada AUTP di Kudus yaitu belum mendesak untuk diterapkan saat ini. Hal ini didasari oleh beberapa hal antara lain, bahwa hukum AUTP merupakan ibahah dikarenakan menurut kalangan ahli fiqh, ulama Muhammadiyyah, dan ulama Nahdlatul Ulama sepakat bahwa asuransi sosial tidak mengandung risiko pelanggaran syara‟ dan dibolehkan atas dasar pertimbangan maslahah; AUTP di Kudus masih dalam tahap pemerataan sosialisasi, sehingga melakukan perbaikan kendala-kendala lebih dibutuhkan untuk saat ini; dan belum ada regulasi dan sistem yang memfasilitasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Risiko ketidakpastian iklim; Asuransi konvensional; Asuransi syariah; Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Dewi Wahyuni
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:10
Last Modified: 19 Apr 2021 03:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12660

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics