Penerapan fungsi fungsi manajemen bimbingan ibadah haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang

Marase, Mr. Asman (2019) Penerapan fungsi fungsi manajemen bimbingan ibadah haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1701036156_Mr. Asman   Marase]
Preview
Text (skripsi_1701036156_Mr. Asman Marase)
skripsi_1701036156_Mr. Asman Marase.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Mr. Asman Marase (1701036156) dengan judul penelitian: Penerapan Fungsi Fungsi Manajemen Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang. Penelitian ini membahas tentang penerapan fungsi manajemen yang didalamnya berisi tentang penerapan fungsi-fungsi manajemen yang merupakan bagian penting dalam sebuah organisasi atau lembaga untuk mencapai tujuan dari organisasi tersebut. Alasan memilih Lembaga Cahaya Madinah Mandiri Semarang menjadi pembahasan karena melihat berbagai persoalan yang muncul di dalam pelaksanaan manasik haji dan umrah. Oleh karena itulah pembahasan penelitian ini membahas tetang bagaimana pelaksanaan manasik haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang, bagaimana penerapan fungsi-fungsi manajemen pada pelaksanaan manasik haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang, serta bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manasik haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manasik haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang, untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen pada pelaksanaan manasik haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan manasik haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkupulkemudian dioleh dan dianalisis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu menyapaikan data dengan cara menggambarkan kenyataan sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa, pelaksanaan manasik haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang mencukup fungsi manajemen yang meliputi adanya rapat koordinasi yang merupakan perancanaan, membuat susunan panitia yang merupakan organizing, rapat evaluasi yang merupakan controlling, actuating dalam hal ini melaksanakan bimbingan dengan mengacu pada jadwal-jadwal ynag sudah direncanakan sebelumnya.
Secara umun penyelenggaraan manasik haji dan umrah di PT. Cahaya Madinah Mandiri Semarang dapat terialisasi dengan baik. Hanya saja pada aspek-aspek pelayanan tertentu kurang optimilisasi, seperti sumberdaya manusia yang kurang dan yang tumpang tindih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Fungsi manajemen; Manasik; Haji; Umrah; Manajemen dakwah; PT. Cahaya Madinah Mandiri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 15 Apr 2021 01:56
Last Modified: 23 May 2021 05:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12670

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics