Pengaruh keunggulan produk dan keunggulan layanan terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Ariabima Propertindo dalam perspektif ekonomi Islam

Musdalifah, Eva Nur (2019) Pengaruh keunggulan produk dan keunggulan layanan terhadap keputusan pembelian konsumen di PT. Ariabima Propertindo dalam perspektif ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1505026012_EVA NUR MUSDALIFAH]
Preview
Text (skripsi_1505026012_EVA NUR MUSDALIFAH)
skripsi_1505026012_EVA NUR MUSDALIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan bisnis pada bidang properti karena hadirnya pesaing-pesaing baru yang banyak jumlahnya dengan beragam startegi bisisnya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terutama di bidang perumahan . PT. Ariabima properti adalah salah satu perusahaan properti yang berusaha memenuhi kebutuhan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keunggulan produk (X1) dan keunggulan layanan (X2) terhadap keputusan konsumen (Y) di PT.Ariabima Propertindo dalam Perspektif Ekonomi Islam.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode pengambilan sampel insidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, kebetulan bertemu secara langsung dengan konsumen PT. Ariabima Propertindo yang dipandang bisa dijadikan sebagai sumber data. Penentuan jumlah sampel ditentukan dengan rumus slovin. Kerena Jumlah respondennya sudah diketahui. Jumlah responden sebanyak 92 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikorelasi, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier, uji koefisien detrminasi, uji f dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan besar pengaruhnya adalah 53,9 % dan nilai signifikanya 0,000 sedangkan keunggulan layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan besar pengaruhnya 39,9% dan nilai signifikanya 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keunggulan produk; Keunggulan layanan; Ekonomi syariah; PT. Ariabima Propertindo
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing > 674 Lumber processing, wood products, cork
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:51
Last Modified: 19 Apr 2021 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12673

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics