Analisis pengaruh jiwa wirausaha, akses modal, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha (studi kasus pada masyarakat Desa Kletek Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati)

Mualiah, Amimah Ulul (2019) Analisis pengaruh jiwa wirausaha, akses modal, dan ekspektasi pendapatan terhadap minat berwirausaha (studi kasus pada masyarakat Desa Kletek Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1505026019_AMIMAH ULUL MUALIFAH]
Preview
Text (skripsi_1505026019_AMIMAH ULUL MUALIFAH)
skripsi_1505026019_AMIMAH ULUL MUALIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kemiskinan dan kesenjangan sosial antara di desa dan kota masih menjadi masalah pelik di negeri ini. Oleh karena itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT), Putro Sandjojo meminta penggunaan dana desa diprioritaskan untuk membangun sektor kewirausahaan. Oleh karena itu ia mendorong masyarakat desa agar memanfaatkan segala potensi yang ada di desa dan didukung dengan pendirian Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sejak tahun 2016, Desa Kletek memiliki BUMDes Ngudi Makmur yang telah memiliki berbagai program, diantaranya Desa Mart, Wisata Bendungan Kletek, dan jasa bantuan permodalan. Kini, Desa Kletek menjadi salah satu desa yang berkembang di Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Hal tersebut yang mendasari penulis ingin melakukukan penelitian tentang minat berwirausaha masyarakat Desa Kletek.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah variabel jiwa wirausaha, akses modal, dan ekspektasi pendapatan berpengaruh terhadap minat wirausaha masyarakat Desa Kletek Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan sumber data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat Desa Kletek Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan rumus Slovin, dan diperoleh jumlah sampelnya yaitu 96 orang. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan uji regresi linier berganda dengan cara pengolahan datanya menggunakan aplikasi SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan persamaan regresi sebagai berikut, Y = 4,467 + 0,409X1– 0,014X2 + 0,202X3 + e. Artinya adalah setiap kenaikan 1 satuan jiwa wirausaha (XI) dan Ekspektasi Pendapatan (X3) akan diikuti dengan kenaikan minat wirausaha masing-masing 0,409 dan 0,202. Sedangkan nilai negatif pada akses modal (X2) mengartikan bahwa setiap kenaikan 1 satuan akses modal (X2) akan diikuti dengan penurunan minat berwirausaha sebesar -0,014. Adapun nilai pengaruh secara parsial diperoleh jiwa wirausaha (XI) sebesar 7.178 dan Ekspektasi Pendapatan (X3) sebesar 2.342 dan akses modal (X2) diperoleh pengaruh negatif sebesar -0,184.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat wirausaha; Jiwa wirausaha; Akses modal; Ekspektasi pendapatan;
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 19 Apr 2021 02:43
Last Modified: 19 Apr 2021 02:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12675

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics