Analisis manajemen pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk pembangunan desa (Studi kasus BUMDes Bangun Karya Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal)

Lutfah, Fiki Fatimatul (2019) Analisis manajemen pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk pembangunan desa (Studi kasus BUMDes Bangun Karya Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1505026028_Fiki Fatimatul Lutfah]
Preview
Text (skripsi_1505026028_Fiki Fatimatul Lutfah)
skripsi_1505026028_Fiki Fatimatul Lutfah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemerintah Desa Bangunrejo mendirikan BUMDES Bangun Karya yang memiliki empat unit usaha. BUMDES tersebut masih mengalami permasalahan yaitu terbatasnya modal serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk menggunakan usaha secara bijaksana. Hal ini membuat fungsi komersial dan sosial belum dilaksanakan secara optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana sistem manajemen pengelolaan BUMDES Bangun Karya bermanfaat untuk pembangunan Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal? 2) Bagaimana analisis ekonomi Islam dalam sistem manajemen pengelolaan BUMDES Bangun Karya untuk pembangunan Desa Bangunrejo Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem manajemen pengelolaan usaha yang sudah diterapkan serta menganalisisis dari perspektif ekonomi Islam dalam pengelolaan usaha tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan sistem manajemen sudah berjalan dengan baik, hal ini didukung koordinasi yang lancar antara pengurus dan pemerintah desa. 2) Nilai Ekonomi Islam yang sudah diterapkan dalam pengelolaan usaha BUMDES yaitu adil dan bertanggung jawab sehingga manajemen tersebut sesuai dengan yang disyariatkan dalam Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; BUMDes; Pembangunan desa; Ekonomi syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:07
Last Modified: 20 Apr 2021 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12679

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics