Pengaruh modal usaha, pengetahuan kewirausahaan, dan religiusitas terhadap kinerja UMKM Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati

Thohari, M Qurri Ain (2019) Pengaruh modal usaha, pengetahuan kewirausahaan, dan religiusitas terhadap kinerja UMKM Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1505026031_M QURRI AIN THOHARI]
Preview
Text (skripsi_1505026031_M QURRI AIN THOHARI)
skripsi_1505026031_M QURRI AIN THOHARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan satu bagian terpenting di dalam suatu perekonomian. UMKM mempunyai peran yang strategis dalam perekonomian. Pelaku UMKM menempati bagian terbesar dari seluruh aktivitas ekonomi rakyat. Keberadaan UMKM dapat menjadi solusi untuk mengatasi pengangguran dan menghasilkan lapangan pekerjaan baru. Namun dalam hal lain terdapat permasalahan dalam pengembangan UMKM. Pelaku UMKM masih masih terhambat dari segi modal dan kurangnya pengetahuan tentang kewirausahaan.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh modal usaha terhadap kinerja UMKM (2) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap kinerja UMKM (3) Untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap kinerja UMKM.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif. Variabel penelitiannya adalah modal usaha, pengetahuan kewirausahaan, religiusitas sebagai variabel bebas dan kinerja sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Sampel yang diambil berjumlah 80 responden dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Alat analisis menggunakan progam SPSS for windows versi 16 yang meliputi uji validitas, uji reliablitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (2) Pengetahuan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM (3) religiusitas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kinerja UMKM; Modal usaha; Pengetahuan kewirausahaan; Religiusitas; Ekonomi syariah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Sofie Hanna Azizah
Date Deposited: 16 Apr 2021 07:04
Last Modified: 16 Apr 2021 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12682

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics