Rofiq, Muhamad Annur (2019) Analisis perbandingan abnormal return dan trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa pemilu 17 April 2019 (Studi kasus pada saham perusahaan-perusahaan yang masuk di Jakarta Islamic Index). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1505026066_Muhamad Annur Rofiq]
Preview
Text (Skripsi_1505026066_Muhamad Annur Rofiq)
Skripsi_1505026066_Muhamad Annur Rofiq.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan signifikan Abnormal Return (AR) dan Trading Volume Activity (TVA) sebelum dan sesudah pemilu 17 April 2019 pada saham perusahaan-perusahaan yang masuk di Jakarta Islamic Index (JII). Secara umum pemilu presiden akan berdampak pada kinerja pemerintahan selanjutnya yang akan memunculkan kebijakan-kebijakan baru dalam sektor ekonomi. Hal ini akan berimbas pada proyeksi analisis investor dalam mempengarui harga-harga yang ada di pasar modal.
Metode penelitian yang digunakan adalah studi peristiwa (event study) . Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa data harian harga saham, data harian volume perdagangan, dan data harian saham yang beredar selama periode 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah peristiwa. Sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah 30 saham anggota indeks JII yang dipilih dengan metode purposive sampling. Pengujian penelitian ini menggunakan uji beda dua rata-rata (paired samples t-test).
Berdasarkan hasil analisis menunjukan pengujian Abnormal Return (AR) dan Trading Volume Activity (TVA) menghasilkan kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan Abnormal Return (AR) dan Trading Volume Activity (TVA) 5 hari sebelum dan 5 hari sesudah peritiwa pemilu 17 April 2019 pada saham perusahaan-perusahaan yang masuk di Jakarta Islamic Index (JII). Mudahnya akses para investor dalam memperoleh informasi didukung dengan adanya hasil hitung cepat saat pemilihan umum yang dilakukan beberapa lembaga survei yang ada di Indonesia, sehingga para pelaku pasar modal dapat memprediksi peristiwa yang akan terjadi dan lebih memilih untuk wait and see yaitu menunggu hasil keputusan KPU untuk melihat pergerakan di bursa saham.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemilu; Abnormal Return (AR); Trading Volume Activity (TVA); Jakarta Islamic Index; Saham perusahaan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.6 Investasi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Noor Lailatul Arofah
Date Deposited: 16 Apr 2021 06:54
Last Modified: 16 Apr 2021 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12692

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics