Bimbingan karir bagi tunadaksa di Komunitas Sahabat Difabel Semarang : analisis bimbingan konseling Islam

Frilendi, Nivora Miga (2020) Bimbingan karir bagi tunadaksa di Komunitas Sahabat Difabel Semarang : analisis bimbingan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401016025_NIVORA_MIGA_FRILENDI]
Preview
Text (SKRIPSI_1401016025_NIVORA_MIGA_FRILENDI)
SKRIPSI_1401016025_NIVORA_MIGA_FRILENDI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan partisipasi disabilitas dalam dunia kerja atau karir sehingga menghambat masa depan difabel untuk mandiri secara finansial. Nasib masa depan difabel dalam dunia kerja atau karir sudah lama terjadi tetapi permasalahan ini tetap saja menjadi topik yang masih hangat diperbincangkan dan belum menemukan titik terang. Keberadaan dan nasib masa depan difabel cenderung disepelekan atau kurang diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Kurangnya edukasi pada masyarakat agar lebih ramah difabel menyebabkan masih banyak yang menganggap bahwa difabel itu hanya merepotkan, tidak bisa apa-apa. Padahal sebenarnya dengan tidak memberikan mereka kesempatan dan memberi label difabel seperti itu dapat memberikan dampak negatif bagi difabel. Oleh karena kurangnya pemahaman masyarakat mengenai difabel banyak dan sangat merugikan korban, fenomena ini harus bisa ditangani
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan bimbingan karir bagi tunadaksa di Komunitas Sahabat Difabel Semarang dan analisis bimbingan konseling Islam terhadap bimbingan karir bagi tunadaksa di Komunitas Sahabat Difabel Semarang. Sumber data penelitian ini adalah pembimbing Komunitas Sahabat Difabel Semarang dan difabel (tunadaksa). Teknik pengumpulan data ini yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan proses pelaksanaan bimbingan karir bagi tunadaksa di Komunitas Sahabat Difabel Semarang berupa pemberdayaan dan penyaluran/ penempatan kerja. Proses pelaksanaan bimbingan karir atau pemberdayaan di Komunitas Sahabat Difabel Semarang meliputi : pemberian bimbingan oleh pembimbing dan konselor, difabel sebagai penerima manfaat, mengunakan metode langsung dan tidak langsung, materi yang diberikan berupa pelatihan, media yang digunakan berupa bimbingan dengan pengajaran di dalam dan luar ruangan. Proses tersebut dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap awal (orientasi), tahap pertengahan (pemberdayaan difabel) dan tahap akhir (penyaluran dan penempatan kerja). Dilihat dari analisis Bimbingan Konseling Islam, tujuan, fungsi serta metode bimbingan karir bagi difabel yang sudah dilaksanakan sudah mendekati implementasi Bimbingan Konseling Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan karir; Tunadaksa; Komunitas Sahabat Difabel Semarang; Bimbingan Konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 May 2021 02:12
Last Modified: 22 May 2021 02:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics