Pemberdayaan kelompok tani melalui program kawasan ekonomi masyarakat oleh Dinas Pertanian Kota Semarang : studi di Desa Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang

Aji, Sukma Sulistya (2020) Pemberdayaan kelompok tani melalui program kawasan ekonomi masyarakat oleh Dinas Pertanian Kota Semarang : studi di Desa Cepoko Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131411003_SUKMA_SULISTYA_AJI]
Preview
Text (SKRIPSI_131411003_SUKMA_SULISTYA_AJI)
SKRIPSI_131411003_SUKMA_SULISTYA_AJI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pemberdayaan masyarakat pemerintah berperan penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana tercantum dalam Pasal 1 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang perlindungan dan pemberdayaan petani bahwa pemberdayaan adalah segala upaya untuk meningkatkan kemampuan petani untuk melaksanakan usaha tani yang lebih baik melalui pendidikan dan pelatihan, penyuluhan dan pendampingan, pengembangan sistem dan sarana pemasaran hasil pertanian, konsolidasi dan jaminan luasan lahan pertanian, kemudahan akses ilmu pengetahuan, teknologi serta penguatan kelembagaan petani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses dan hasil dalam Pemberdayaan Kelompok Tani Melalui Program Kawasan Ekonomi Masyarakat Oleh Dinas Pertanian Kota Semarang. Untuk mendapatkan jawaban di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadaan objek penelitian. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara untuk mendapatkan data. Kemudian menggunakan teknik analisis data dari Miles-Huberman seperti teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Proses pemberdayaan kelompok tani melalui program kawasan ekonomi masyarakat oleh Dinas Pertanian Kota Semarang meliputi beberapa langkah yaitu penyuluhan, pelatihan, diskusi, dan praktik lapangan. Metode yang digunakan dalam pemberdayaan kelompok tani adalah dengan metode PRA dimana metode tersebut dilakukan dengan lebih melibatkan Kelompok Tani dengan difasilitasi oleh Dinas Pertanian sebagai narasumber atau fasilitator. 2) Hasil pemberdayaan kelompok tani ditandai dengan beberapa indikator keberhasilan pemberdayaan masyarakat yaitu berkurangnya jumlah penduduk miskin, adanya peningkatan pendapatan, meningkatnya kemandirian kelompok tani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Kelompok Tani, dan Kawasan Ekonomi masyarakat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 22 May 2021 02:27
Last Modified: 22 May 2021 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12727

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics