Peran bank sampah resik becik dalam menjaga kesehatan lansia di Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal

Qoidah, Hikmatul (2020) Peran bank sampah resik becik dalam menjaga kesehatan lansia di Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_131411015_QOIDAH_HIKMATUL]
Preview
Text (SKRIPSI_131411015_QOIDAH_HIKMATUL)
SKRIPSI_131411015_HIKMATUL_QOIDAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan sampah telah menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk berperan serta ambil bagian dalam pengelolaan sampah. Adalah bank sampah sebagai salah satu stimulasi kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan dan pendayagunaan sampah. Adanya bank sampah menambah kesadaran warga tentang pengelolaan sampah. bank sampah resik becik sudah membuktikan bahwa bank sampah itu tidak hanya masalah lingkungan karena di sini ada masalah kesehatan. Berobat dengan bayar pakai sampah adalah program bank sampah resik becik yang bekerjasama dengan pihak peduli. Program ini bertujuan untuk memberikan akses kemudahan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya yang tidak mampu. Kegiatan ini berlangsung hari jumat kliwon, bekerjasama dengan jamaah pengajian rutin selapanan jumat kliwon, bertempat di mushola darul Hikmah, kelurahan ngilir kendal. Sekitar 70 orang terdiri dari ibu-ibu lansia yang merupakan jamaah pengajian rutin jumat kliwon, membawa sampah kering seperti botol plastik, kardus, botol bekas sabun/ shampo senilai 10.000 mereka kemudian mendapatkan kartu periksa dan layanan kesehatan berupa cek tekanan darah, dan pemeriksaan kesehatan oleh dokter Tri Haryani yang beralamat praktik di RSS Blok C Langenharjo.
Rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1)Bagaimana peran bank sampah resik becik dalam menjaga kesehatan lansia di Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal? (2)Bagaimana hasil pemberdayaan bank sampah Resik Becik terhadap kesehatan lansia di Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal? Untuk mendapatkan jawaban di atas, peneliti menggukanan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadaan objek penelitian. Dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik observasi, dokumentasi dan wawancara untuk mendapatkan data. Kemudian menggunakan teknik analisis data dari Miles-Huberman seperti teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah: (1) Paguyuban Bank Sampah Resik Becik menjalankan peranannya yakni sebagai fasilitator, edukasi, representatif, dan teknis dimasyarakat sebagai bentuk swadaya yang mampu mendorong masyarakat supaya peduli dengan lingkungan dan mau memanfaatkan sampah sehingga kebersihan lingkungan terjaga juga memberikan akses kemudahan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya yang tidak mampu. (2) Hasil pemberdayaanya meningkatnya kemandirian kesehatan masyarakat terhadap ibu ibu lansia yang telah merasakan manfaat adanya program berobat bayar pakai sampah ini. Selain memudahkan masyarakat dengan pelayanan kesehatan juga membantu masyarakat supaya peduli dengan lingkungan dan mau memanfaatkan sampah sehingga kebersihan lingkungan terjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran, Pemberdayaan Masyarakat, Bank Sampah, Kesehatan Lansia
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 22 May 2021 02:44
Last Modified: 22 May 2021 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12734

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics