Manajemen unit kegiatan mahasiswa Islam (UKMI) Nurul Ilmi sebagai lembaga dakwah kampus di IAIN Surakarta

Aziz, Hanif Musthofa Abdul (2020) Manajemen unit kegiatan mahasiswa Islam (UKMI) Nurul Ilmi sebagai lembaga dakwah kampus di IAIN Surakarta. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1401036008_Hanis_Musthofa_Abdul_Aziz]
Preview
Text (SKRIPSI_1401036008_Hanis_Musthofa_Abdul_Aziz)
1401036008_Hanif Musthofa Abdul Aziz_Lengkap Tugas Akhir - Hanif Musthofa.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan hal yang mendasar pada sebuah lembaga. Aktifitas dakwah menjadi lebih efektif dan efisien bila menggunakan manajemen yang baik. UKMI Nurul ‘Ilmi sebagai salah satu UKM di IAIN Surakarta dan juga bagian dari FSLDK Soloraya, tentu menjalankan proses manajemen dalam menjalankan organisasinya. Pokok masalah pada penelitian ini adalah bagaimana manajemen UKMI Nurul ‘Ilmi sebagai Lembaga Dakwah Kampus (LDK) di IAIN Surakarta. Berdasarkan pokok masalah tersebut dirumuskan beberapa sub masalah, yaitu apa saja program kerja dan bagaimana manajemen UKMI Nurul Ilmi di IAIN Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja program kerja yang disusun oleh UKMI Nurul Ilmi di IAIN Surakarta serta mengetahui manajemen UKMI Nurul Ilmi di IAIN Surakarta. Tujuan tersebut dapat dicapai melalui penelitian lapangan dengan analisis kualitatif. Sumber data primer diambil dari hasil wawancara pengurus dan sumber data sekunder dari buku-buku yang berkaitan dan laporan yang disusun oleh organisasi tersebut. Data tersebut diambil melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analisis dan teknik triangulasi sebagai uji keabsahan data. Penelitian ini memberikan gambaran organisasi UKMI Nurul ‘Ilmi secara detail dan manajemen yang dilakukannya. UKMI Nurul ‘Ilmi melakukan manajemen secara baik sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen. Perencanaan dilakukan melalui pembentukan visi dan misi serta pembuatan program kerja secara rinci di awal kepengurusan. Pengorganisasian dilakukan dengan bentuk organisasi lini dan staf yang dipimpin oleh ketua umum dibantu oleh sekretaris, bendahara, dan enam bidang. Beberapa bidang juga memiliki divisi untuk membantu kerja organisasi. Penggerakan dilakukan melalui forum motivasi, jaringan komunikasi yang rapi, sarana penambahan wawasan, serta pelatihan untuk mengembangkan kompetensi. Pengendalian melakukan melalui pengawasan oleh pembina, ketua umum, dan ketua bidang. Evaluasi formatif dengan Musyawarah Pengurus Harian, Rapat Bidang, dan Rapat Kepanitiaan. Evaluasi sumatif dilakukan dengan pleno dan musyawarah anggota pada akhir periode. Perkembangan teknologi perlu diikuti dengan inovasi program kerja sehingga tetap mampu menjalankan organisasinya secara lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah Kampus; Media Dakwah; Organisasi Dakwah Mahasiswa; IAIN Surakarta
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 22 May 2021 02:56
Last Modified: 22 May 2021 02:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics