Praktik pernikahan turus blandar dalam perspektif ‘urf : studi kasus di Desa Bandungrejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak

Maufiq, Muhammad (2020) Praktik pernikahan turus blandar dalam perspektif ‘urf : studi kasus di Desa Bandungrejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502016021_MUHAMMAD MAUFIQ]
Preview
Text (SKRIPSI_1502016021_MUHAMMAD MAUFIQ)
SKRIPSI_1502016021_MUHAMMAD MAUFIQ.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pernikahan merupakan suatu hal sakral dalam seseorang yang akan menjalani kehidupan berumah tangga, dalam pernikahanpun terdapat larangan-larangan yang menjadi kan suatu pernikahan itu bisa berlangsung atau tidak. Di desa Bandungrejo terdapat praktik pernikahan turus blandar yang tidak ada di desa lainnya. pernikahan turus blandar ini adalah larangan pernikahan seorang laki-laki dengan perempuan yang rumah keduanya sejajar lurus sejalan baik itu dekat maupun jauh. Adat inilah yang menjadikan pertimbangan seseorang akan yang menikah di desa Bandungrejo, padahal menurut agama bahwasanya pernikahan sah apabila rukun dan syaratnya sudah terpenuhi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, apa faktor-faktor yang mempengaruhi praktik pernikahan turus blandar masih ditaati sampai sekarang dan bagaimana perspektif ‘urf mengenai praktik pernikahan turus blandar.
Penelitian yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan jenis penelitian Yuridis Empiris atau Non-Doktrinal yaitu jenis penelitian yang dimaksudkan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) adalah mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan dengan interaksi lingkungan disuatu unit sosial. Sedangkan teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara, observasi, dokumentasi serta penelitian diskriptif (penggambaran) yang dilakukan di Desa Bandungrejo Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak.
Dari hasil penelitian yang penulis temukan bahwa adat ini masih berlaku hingga sekarang karena kepercayaan atau keyakinan masyarakat desa mengenai adanya larangan turus blandar yang sudah ada sejak dahulu hingga sekarang dan adanya musibah yang akan dialami oleh pasangan yang menikah atau orang tua dari pasangan yang menikah terutama dari pihah laki-laki. Menurut perspektif ‘urf larangan praktik pernikahan turus blandar ini termasuk ‘urf shahih karena dilihat dari asal usul adat tersebut, bahwa larangan praktik pernikahan turus blandar ini mengenai adanya kekhawatiran/kehati-hatian agar tidak terjadi pernikahan persusuan dan tidak melanggar syariat agama Islam diantara masyarakat desa Bandungrejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pernikahan; Tradisi; Turus blandar; 'Urf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 22 May 2021 07:07
Last Modified: 22 May 2021 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12743

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics