Anwar, Khoerul (2020) Etika komunikasi Islam dalam buku "Saring Sebelum Sharing" karya Nadirsyah Hosen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKIRPSI_131211014_KHOERUL ANWAR]
Preview
Text (SKIRPSI_131211014_KHOERUL ANWAR)
SKIRPSI_131211014_S1_KHOERUL ANWAR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan oleh seorang komunikator kepada komunikan dengan tujuan untuk mempengaruhi, baik pikiran, sikap maupun tingkah laku komunikan. Dalam berkomunikasi maupun tidak akan efektif jika tidak menggunakan etika komunikasi. Akan tetapi, pada kenyataannya, dalam praktek sehari-hari masih banyak yang tidak mempraktekkan etika dalam berkomunikasi sehingga muncul permasalahan, salah satu contohnya adalah menyebarnya berita bohong atau hoax. Hadirnya buku best seller yang berjudul Saring Sebelum Sharing karya Nadirsyah Hosen yang merupakan salah satu cara berdakwah melalui tulisan (bil qalam) adalah untuk mengurangi tersebarnya hoax dalam masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin meneliti buku Saring Sebelum Sharing untuk mengetahui bagaimana etika komunikasi islam dalam buku tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis) dan berdasarkan pada teori Etika Komunikasi Islam menurut Jalaluddin Rakhmat. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian dokumentasi berupa buku Saring Sebelum Sharing karya Nadirsyah Hosen.
Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian tersebut dalam buku Saring Sebelum Sharing lebih banyak menggunakan etika qawlan ma’rufan dengan memberikan solusi atas permasalahan yang ada. Kemudian dengan qawlan balighan, penulis menambahkan kisah-kisah Nabi Muhammad dan tidak berbelit-belit dalam menyampaikan pendapatnya dan mengajak pembaca memahami tema yang dituliskan. Etika qaulan kariman penulis menggunakan bahasa santun yang sehingga dapat membawa pembaca mudah memahami makna dari artikel yang ditulis. Etika qaulan maysuran, penulis menggunakan kata-kata yang popular dan mudah dipahami sehingga pemaca tidak perlu melalui pemikiran yang berat. Dan etika qaulan layyinan, penulis menghadirkan cara Nabi berkomunikasi yang penuh keramahan dan menyejukkan hati untuk lawan bicaranya yang dapat dirasakan juga oleh pembaca. Serta etika qaulan sadidan secara substansi mencakup fakta dan tidak direkayasa serta dapat diterima oleh logika.

Kata Kunci : etika komunikasi Islam, dakwah, buku

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etika komunikasi Islam; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media komunikasi, Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Poerwanto Poerwanto
Date Deposited: 22 May 2021 07:10
Last Modified: 22 May 2021 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12745

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics