Pengembangan masyarakat melalui kreativitas usaha mainan tradisional : studi pada kelompok pengrajin kitiran mekar jaya Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara

Listiyani, Henni (2020) Pengembangan masyarakat melalui kreativitas usaha mainan tradisional : studi pada kelompok pengrajin kitiran mekar jaya Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501046025_HENNI_LISTIYANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1501046025_HENNI_LISTIYANI)
SKRIPSI_1501046025_HENNI_LISTIYANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mainan tradisional sudah hampir punah keberadaanya dan tergantikan dengan mainan modern. Derasnya arus modernisasi menyebabkan mainan tradisional kalah pamor dibandingkan dengan mainan anak masa kini yang serba canggih. Desa memiliki sumber daya alam yang baik untuk mengembangkan usaha yang ada di masyarakat. Industri mainan tradisional yang ada di desa Karanganyar merupakan usaha yang digeluti oleh masyarakat dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat, mengurangi angka pengangguran serta diharapkan dapat mengembangkan keterampilan masyarakat dengan menciptakan individu yang terampil, mandiri dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pengembangan kreativitas usaha mainan tradisional di Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. (2) Bagaimana hasil pengembangan kreativitas usaha mainan tradisional di Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses pengembangan kreativitas usaha mainan tradisional di Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. (2) Untuk menjelaskan hasil pengembangan kreativitas usaha mainan tradisional di Desa Karanganyar Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menggambarkan keadaan objek penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analisis data dari Miles-Huberman meliputi: (1) Reduksi data yaitu merangkum, memilih hal-hal pokok yang penting dan memberikan gambaran yang jelas untuk pengumpulan data selanjutnya. (2) Penyajian data. Penyajian data dalam bentuk uraian singkat, bagan, dan lain sejenisnya. (3) Kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil dari penelitian yang telah dilakukan meliputi: (1) proses pengembangan masyarakat melalui kreativitas usaha mainan tradisional dapat dilihat dari tahapan-tahapan pemberdayaan yaitu pertama, tahap pemaparan masalah; kedua, tahap analisis masalah; ketiga, tahap penentuan tujuan dan sasaran; keempat, tahap perencanaan tindakan; kelima, tahap pelaksanaan kegiatan; dan keenam, tahap evaluasi. (2)Hasil pengembangan masyarakat melalui kreativitas usaha mainan tradisional meliputi: (a) Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. (b) Tumbuhya Solidaritas Sosial. (c) Terciptanya Peluang Usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan masyarakat; Mainan tradisional
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 22 May 2021 03:15
Last Modified: 27 Jul 2021 03:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12748

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics