Pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan sampah berbasis teknologi tepat guna di Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal

Devi, Yessi Anggraeni Novalita (2020) Pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan sampah berbasis teknologi tepat guna di Desa Penanggulan Kecamatan Pegandon Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501046025_HENNI_LISTIYANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1501046025_HENNI_LISTIYANI)
SKRIPSI_1501046025_HENNI_LISTIYANI.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah kesehatan adalah suatu masalah yang sangat kompleks, Untuk mewujudkan SDM (sumber daya manusia) yang berkualitas dan berdaya saing, pembangunan kesehatan diarahkan pada upaya peningkatan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat. Salah satu pelaksana pemberdayaan masyarakat ditingkat desa terdapat suatu lembaga kemasyarakatan yaitu forum kesehatan desa. Melalui peran forum kesehatan desa akan membawa perubahan bagi masyarakat. Penelitian ini berujuan untuk menjelaskan peran dan hasil forum kesehatan desa dalam meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran Forum Kesehatan Desa (FKD) dalam peningkatan kesadaran kesehatan masyarakat di Desa Kaligading Kecamatan Boja Kabupaten Kendal (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Forum Kesehatan Desa (FKD). Untuk mendapatkan jawaban diatas, maka peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif untuk mengambarkan keadaan objek penelitian dan menggunakan teknik pengumpulan databerupa teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Kemudian menggunakan analisis sata yang dilakukan oleh Miles an Huberman seperti teknik reduksi data, penyajian data kemudian verifikasi data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Forum Kesehatan Desa (FKD) dalam peningkatan kesadaran kesehatan masyarakat di Desa Kaligading Kecaamatan Boja Kabupaten Kendal merujuk pada empat tahapan. Yaitu: pertama peran dan ketrampilan memfasilitasi, kedua peran dan ketrampilan pendidik, ketiga peran dan ketrampilan representative. Dimana Forum Kesehatan Desa (FKD) melakukan pemberdayaan melalui peran tersebut. (2) hasi dari peran forum kesehatan desa yaitu adanya input berupa sumber daya manusia, sumber dana dan alah-alat atau bahan-bahan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan. Kemudian adanya proses sosialisasi dan penyuluhatan kepada masyarakat, akan menghasilkan output berupa peningkatan kesadaran masyarakat dan pengetahuan masyarakat.dari ketiga tahapan tersebutdiharapkan terjadinya penurunan angka kesakitan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Pengolahan sampah; Teknologi tepat guna
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 628 Sanitary and municipal engineering
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 22 May 2021 03:23
Last Modified: 06 Nov 2021 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12752

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics