Analisis pemeliharaan anak yang orang tuanya merantau : studi kasus di Desa Blimbing Kauman Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo

Farhan, Muhamad (2020) Analisis pemeliharaan anak yang orang tuanya merantau : studi kasus di Desa Blimbing Kauman Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502016029_MUHAMAD FARHAN]
Preview
Text (SKRIPSI_1502016029_MUHAMAD FARHAN)
SKRIPSI_1502016029_MUHAMAD FARHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Desa Blimbing, Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo adalah desa yang letaknya jauh dari kota Kabupaten Purworejo. Sulitnya perekonomian dan lapangan pekerjaan di desa membuat masyarakat Desa Blimbing banyak yang memutuskan merantau ke luar kota untuk mencari nafkah memenuhi kebutuhan rumah tangganya. Kota-kota seperti: Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang dan Bekasi, merupakan kota tujuan mereka sebagai kota perantauan. Akan tetapi terdapat 7 kepala keluarga yang pergi merantau, kemudian mengalihkan pengasuhan anaknya kepada nenek dan kakeknya dengan berbagai alasan tertentu. Sementara dalam Alquran, hadis dan Undang-Undang di Indonesia dijelaskan mengenai kewajiban orang tua terhadap anaknya.
Melihat dari realita di atas, terkait pengalihan pengasuhan anak dan kewajiban orang tua sudah diatur dalam Undang-Undang di Indonesia. Dalam Islam juga telah mengaturnya. Peneliti tertarik untuk meneliti yang mengacu pada pokok masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pola pemeliharaan anak dari orang tua yang merantau di Desa Blimbing Kauman Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo?. 2. Bagaimana analisis hukum tentang pemeliharaan anak yang pengasuhannya dialihkan kepada nenek dan kakeknya?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu langsung terjun ke tempat kejadian, yaitu Di Desa Blimbing Kauman Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo. Data-data yang diperoleh berdasarkan data-data yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menyajikan dan menganalisis fakta secara sistematik sehingga lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, kepada pihak-pihak yang terkait dalam masalah pemeliharaan anak yang orang tuanya merantau. Yaitu kedua orang tua, anak dan nenek kakeknya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis maka disimpulkan bahwa 1. Pola pemeliharaan anak dari orang tua yang merantau yaitu anak-anak dititipkan, diasuh serta dirawat oleh nenek dan kekeknya. 2. Analisis hukum tentang pemeliharaan anak yang pengasuhannya dialihkan kepada nenek dan kakeknya dalam hukum islam boleh, dengan tidak menyampingkan kewajiban orang tua terhadap anak, serta hak-hak anak harus terpenuhi sesuai kemampuanya, begitu pun dalam Undang-Undang yang mengatakan bahwasannya terdapat alasan dan aturan hukum yang sah yang menunjukkan bahwa pemisahan itu adalah demi kepentingan terbaik bagi anak dan merupakan pertimbangan terakhir, maka pengalihan pengasuhan anak hukumnya boleh dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Anak; Orang tua; Pemeliharaan anak; Merantau
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 22 May 2021 07:19
Last Modified: 22 May 2021 07:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12759

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics