Efektivitas bimbingan perkawinan pra-nikah dan pengaruhnya terhadap kesiapan calon pengantin di KUA Kecamatan Batang Kabupaten Batang

Ekofitriyanto, Moh (2020) Efektivitas bimbingan perkawinan pra-nikah dan pengaruhnya terhadap kesiapan calon pengantin di KUA Kecamatan Batang Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1502016076_MOH EKOFITRIYANTO]
Preview
Text (SKRIPSI_1502016076_MOH EKOFITRIYANTO)
SKRIPSI_1502016076_MOH EKOFITRIYANTO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Baik buruknya suatu perkawinan tergantung pada tindakan masing-masing individu suami maupun istri. Kesiapan dan kematangan individu adalah suatu hal yang wajib dimiliki bagi seseorang yang akan melangsungkan perkawinan. Kesiapan tersebut meliputi kesiapan mental, fisik, materi, maupun ilmu pengetahuan. Untuk itu Kementerian Agama melalui Kepdirjen Bimas Islam Nomor 373 tahun 2017 Jo. Kepdirjen Bimas Islam Nomor 379 tahun 2018 diinstruksikan bahwa setiap pasangan calon pengantin yang akan melakukan perkawinan terlebih dahulu harus mengikuti bimbingan perkawinan sebagai lagkah dalam mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah dan rahmah. Program ini ditujukan agar calon pengantin memiliki bekal pengetahuan yang cukup untuk memahami makna perkawinannya dengan segala permasalahannya.
Berdasarkan latar belakang tersebut, yang menjadi pokok pemasalahan yaitu: 1). Bagaimana efektivitas pelaksanaan bimbingan perkwinan pra-nikah di KUA Kecamatan Batang Kabupaten Batang? 2). Bagaimana pengaruh pelaksanaan bimbingan perkawinan pra-nikah terhadap kesiapan pasangan calon pengantin di KUA Kecamatan Batang?
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitan hukum normatif-empiris. Penelitian ini dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Batang Kabupaten Batang pada bulan November 2019. Sumber data primer diambil dari hasil wawancara terhadap Kepala KUA Batang, fasilitaor Bimbingan Perkawinan, maupun peserta. Sumber data sekunder dikumpulkan melalui sumber-sumber hukum, dokumen-dokumen pelaksanaan, modul serta data pendukung lainnya. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara deskriptif analisis.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis penyimpulkan: Pertama, bimbingan perkawinan pra-nikah di KUA Batang sudah sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan bimbingan perkawinan. Pelaksanaan bimbingan dapat dikatakan efektif dilihat dari pengorganisasian kegiatan dan terpenuhinya sarana prasarana di KUA Batang. Selain itu juga membawa dampak positif bagi calon pengantin. Kedua, pengaruh pelaksanaan terhadap kesiapan calon pengantin: secara mental maupun konseptual terkait perkawinan mereka bertambah seiring bertambahnya pengetahuan baru yang mereka dapatkan dari materi yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perkawinan; Pra-nikah; Calon pengantin; Kantor Urusan Agama (KUA); Kabupaten Batang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 22 May 2021 07:23
Last Modified: 22 May 2021 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics