Nilai-nilai dakwah dalam ruwat bumi di objek wisata Guci Kabupaten Tegal

Anjani, Rina Ilmal (2020) Nilai-nilai dakwah dalam ruwat bumi di objek wisata Guci Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1401016069_Rina_Ilmal_Anjani]
Preview
Text (Skripsi_1401016069_Rina_Ilmal_Anjani)
Skripsi_1401016069_Rina_Ilmal_Anjani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ruwat bumi adalah suat tradisi yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali yaitu pada bulan Muharram untuk tanggalnya tidak pasti. Ruwat Bumi dilaksanakan oleh masyarakat Dukuh Pekandangan Desa Rembul Kecamatan Bojong dan Desa Guci Kecamatan Bumijawa Kabupaten Tegal. tradisi Ruwat Bumi sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada Allah atas kekayaan alam yang melimpah, selain itu sebagai penghormatan terhadap leluhur terdahulu. Tradisi Ruwat Bumi dilaksanakan secara turun temurun.pelaksanaan Ruwat Bumi pada jika dilihat dari tujuannya tidak menyimpang dari syariat Islam, meskipun tidak jauh dari nuansa mistis, sehingga sampai saat ini tradisi Ruwat Bumi masih tetap dilaksanakan dan masih dilestarikan oleh masyarakat. Selain itu Ruwat Bumi mengandung makna nilai-nilai kehidupan bagi masyarakat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaiamana pelaksanaan tradisi Ruwat Bumi di Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal? (2) bagaimana Ruwat Bumi di Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal dalam perspektif dakwah? Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan Ruwat Bumi di Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal dan untuk mengetahui nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam Ruwat Bumi di Objek Wisata Guci Kabupaten Tegal serta analisisnya.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan tujuan untuk menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati guna memberikan kejelasan terhadap peristiwa yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat sekitar Objek Wisata Guci yang berkaitan dengan tradisi ini, antara lain : sesepuh Objek Wisata Guci, tokoh masyarakat, masyarakat yang melakukan tradisi ini. Data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (1) pelaksanaan Ruwat Bumi dilaksanakan pada bulan Muharram dimulai dari penyembelihan kambing kendit kemudian malam harinya pengajian dan istighosah bersama serta makan bersama kambing kendit yang sudah disembelih tadi. Siang harinya proses arak-arakan dan pemandian kambing kendit dipancuran 13, setelah itu pembacaan riwayat Guci dilanjutkan dengan rebutan gunungan hasil bumi dan pentas tari-tarian. Malam harinya ditutup dengan acara istighosah. Tujuan dari kegiatan Ruwat bumi adalah sebagai bentuk ucapan rasa syukur masyarakat terhadap kekayaan alam yang Allah berikan. (2) nilai-nilai dakwah yang terkandung dalam kegiatan Ruwat Bumi adalah nilai syukur, nilai silaturrahmi, nilai gotong royong dan nilai ketauhidan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai dakwah; Tradisi; Ruwat bumi; Objek wisata
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 394 General customs
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 May 2021 04:05
Last Modified: 22 May 2021 04:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12765

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics