Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dalam menurunkan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tes bahasa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang

Ilma, M. Zidni (2020) Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dalam menurunkan tingkat kecemasan mahasiswa dalam menghadapi tes bahasa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1401016077_M_Zidni_Ilma]
Preview
Text (Skripsi_1401016077_M_Zidni_Ilma)
Skripsi_1401016077_M_Zidni_Ilma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Test of English as a Foreign Language (TOEFL) dan Ikhtibar mi’yar al kafaah fii al lughoh al ‘arobiyyah (IMKA). Banyak mahasiwa yang mengeluh akibat belum menyelesaikan tes tersebut dan imbasnya mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi tidak dapat lulus tepat waktu. Kecemasan yang terjadi pada mahasiswa yang akan menghadapi Tes Bahasa adalah normal, namun sejauh mana mahasiswa tersebut dapat mengatasi rasa cemasanya, tergantung pada kemampuan siswa tersebut untuk merespon kecemasan yang dialaminya. Pada umumnya individu membutuhkan bantuan orang lain sebagai dukungan bagi dirinya ketika menghadapi masalah. Dengan adanya dukungan sosial dapat mengontrol timbulnya kecemasan. Dalam hal ini dapat dikaitkan dengan perasaan kecemasan yang dihadapi oleh mahasiswa FDK UIN Walisongo Semarang angkatan 2016 dalam menghadapi tes bahasa. Oleh karena itu peran teman sebaya akan sangat dibutuhkan, mengingat teman sebaya adalah orang terdekat dalam setiap interaksi.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif field research. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 87, dari total 111 dari tottal subyek yang merupakan mahasiswa FDK UIN Walsiongo Semarang angkatan 2016 yang akan menghadapi tes dengan teknik random sampling. Pengambilan data menggunakan metode angket, observasi dan wawancara. Data diuji validitas dan reliabilitas menggunakan Product Moment Corellation dari Pearson, dan Alpha Cronbach, dengan progam SPSS 25.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Mahasiswa dalam Menghadapi Tes Bahasa di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang. Hal ini sesuai dengan hasil uji Nilai F sebesar 112,674 dengan nilai sig. 0,000<0,05 dan hasil uji dengan R Square sebesar 0,570, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (dukungan sosial teman sebaya) terhadap variabel terikat (kecemasan) adalah sebesar 0,565%. Selain itu, diperkuat juga dengan sebesar 10,615 dengan nilai sig. sebesar 0,000<0,05. Hal tersebut berarti dukungan sosial teman sebaya berpengaruh terhadap menurunkan tingkat kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial; Teman sebaya; Kecemasan; Mahasiswa; Tes bahasa
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 May 2021 04:33
Last Modified: 22 May 2021 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12776

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics