Pemikiran dakwah Haji Abdul Malik Karim Amrullah : studi dalam buku prinsip dan kebijaksanaan dakwah islam)

Muzani, Ahmad (2020) Pemikiran dakwah Haji Abdul Malik Karim Amrullah : studi dalam buku prinsip dan kebijaksanaan dakwah islam). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501046044_AHMAD_MUZANI]
Preview
Text (SKRIPSI_1501046044_AHMAD_MUZANI)
SKRIPSI_1501046044_AHMAD_MUZANI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam skripsi ini, penulis mengkaji tentang pemikiran dakwah Hamka di dalam buku “Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam”. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui pemikiran dakwah Hamka pada buku “Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam”. Kedua, mengetahui relevansi pemikiran dakweah Hamka pada zaman sekarang. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan riset kepustakaan, yakni penelitian yang memanfaatkan atau menggunakan sumber perpustakaan untuk memperoleh data penelitian.
Dakwah dalam pemikiran Hamka adalah sarana manusia dengan Allah Swt dalam bentuk ajakan antara manusia satu dengan manusia lainnya dalam kebaikan.Hamka menyatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan dakwah yang utama adalah untuk menuntun manusia kepada hal kebaikan yang diridhoi oleh Allah Swt baik di dunia maupun di akhirat. Seorang da’i tidak boleh memiliki sifat diskriminatif terhadap objek yang di dakwahi Mad’u menurut Hamka adalah bukan hanya orang Islam saja, melainkan juga orang yang sebelum masuk agama Islam, yakni seluruh umat manusia. Hamka membagi setidaknya ada tiga metode ketika melakukan kegiatan dakwah. Pertama, bil hikmah. Kedua, mauauizah hasanah, Ketiga, mujadalah. Umat Islam diwajibkan untuk menyampaikan dakwah walaupun walaupun hanya satu ayat. Dakwah dalam pemikiran Hamka tidak dapat dipisahkan dengan konsep pengembangan masyarakat Islam baik itu dalam ranah tujuan yang sama-sama menjadikan mad’u atau masyarakat berdaya secara idiologi sehingga bisa menjadikan masyarakat lebih baik dari pada sebelumnya, dalam ranah prinsip pengembangan masyarakat dengan dakwah yang dalam pelaksanaannya tidak ada unsur paksaan berdasarkan sesuai kebutuhan dan potensi masing-masing, serta dalam pelaksanaannya yang diikuti oleh semua golongan.Untuk menghadapi problematika di zaman modern yang dapat mengakibatkan penyimpangan moral dan etika, umat Islam dituntut berpegang teguh dengan ajaran agamanya yang berlandasan Alquran dan Sunnah. Pada dasarnya, Islam tidak bertentangan dengan kehidupan zaman modern, sepanjang modernitas tidak bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Dakwah, Hamka. Prinsip dan Kebijaksanaan Dakwah Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 22 May 2021 04:46
Last Modified: 22 May 2021 04:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12785

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics