peran website Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) dalam pengembangan masyarakat Desa Putatgede Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal

Hanif, Miftakhul (2020) peran website Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) dalam pengembangan masyarakat Desa Putatgede Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1501043048_MIFTAKHUL_HANIF]
Preview
Text (SKRIPSI_1501043048_MIFTAKHUL_HANIF)
SKRIPSI_1501043046_MIFTAKHUL_HANIF.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemberdayaan merupakan proses dari adanya pengembangan masyarakat. Inti dari pengembangan masyarakat adalah mendidik, membuat anggota masyarakat mampu mengerjakan sesuatu dengan memberikan daya atau fasilitas terhadap sarana yang diperlukan. Website SIDeKa dibuat dalam rangka mewujudkan misi Undang-undang Nomer 6 Tahun 2014 Tentang Desa yaitu menguatkan, melindungi, memberdayakan desa agar lebih maju. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran website Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDekA) dalam pengembangan masyarakat di desa Putatgede Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data primer diperoleh dari Pengelola website SIDeKa dan dari Karang Taruna Mitrapuri sebagai penerima manfaat. Data sekunder diperoleh dari buku-buku dan dokumen-dokumen terkait website SIDeKa. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang di mulai sejak pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian yang dilakukan bahwa peran website SIDeKa dalam pengembangan masyarakat adalah meningkatkan partisipasi masyarakat desa dengan memberi stimulus melalui informasi kegiatan pemberdayaan di konten warta Pemberdayaan,, dan juga peran website SIDeKA dalam memberikan kesadaran kepada masyarakat akan pentingnya teknologi agar tidak menjadi masyarakat yang terpinggirkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, website, Sideka
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 609 Historical, areas, persons treatment
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 22 May 2021 04:52
Last Modified: 29 May 2021 01:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12790

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics