Implementasi metode dakwah untuk mengembangkan kecerdasan spiritual jamaah pada Maiyah Gambang Syafaat

Khoiriyah, Anif (2019) Implementasi metode dakwah untuk mengembangkan kecerdasan spiritual jamaah pada Maiyah Gambang Syafaat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1401016100_Anif_Khoiriyah]
Preview
Text (Skripsi_1401016100_Anif_Khoiriyah)
Skripsi_1401016100_Anif_Khoiriyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah sebagai perantara menyampaikan ajaran Islam menjadi penting untuk memperhatikan aspek kecerdasan spiritual. Melalui kecerdasan spiritual, seseorang akan mampu mengelola dan mendayagunakan potensi dalam dirinya berdasarkan prinsip tauhid. Komunitas Maiyah Gambang Syafaat merupakan salah satu majelis yang mengajak jamaah sama-sama berpikir dan saling merespon atas materi yang disampaikan narasumber melalui diskusi dan tanya jawab untuk menggali potensi yang ada dalam diri jamaah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis kondisi kecerdasan spiritual jamaah Maiyah Gambang Syafaat beserta metode dakwah yang digunakan. Sumber data dalam penelitian ini ada dua, yakni sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer pada penelitian ini yaitu penggiat dan jamaah Maiyah Gambang Syafaat Semarang. Adapun sumber data sekunder pada penelitian ini yaitu buku-buku, jurnal, penelitian terdahulu, dan internet. Analisis pada penelitian ini menggunakan reduksi data, display data dan konklusi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, kondisi kecerdasan spiritual Maiyah Gambang Syafaat mengalami perkembangan setelah mengikuti maiyah yang ditunjukkan dalam beberapa hal, yaitu : berkembangnya kesadaran diri jamaah, memhamai tujuan hidup, mampu merasakan kehadiran Allah, berjiwa besar yaitu kemampuan untuk mudah memaafkan orang lain, kesadaran untuk melayani dan menolong, dan cendereng kepada kebaikan yaitu kemampuan untuk bertanggungjawab terhadap pekerjaan. Kedua, implementasi metode dakwah untuk mengembangkan kecerdasan spiritual jamaah Maiyah Gambang Syafaat dilakukan dengan beberapa metode, yaitu: metode mauidza hasanah atau ceramah, metode mujadalah bi allati hiya ahsan dalam bentuk diskusi dan tanya jawab, kemudian metode home visit. Metode mauidza hasanah digunakan untuk menguraikan tema sekaligus membuka pemikiran dari jamaah; metode diskusi dan tanya jawab digunakan untuk mengetahui tanggapan dan menggali pemahaman baru yang muncul dari jamaah; home visit digunakan untuk mempererat tali persaudaraan antara penggiat maupun jamaah sekaligus mengetahui kodisi lingkungan tempat tinggal jamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Kecerdasan spiritual; Jamaah; Maiyah Gambang Syafaat
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 May 2021 04:59
Last Modified: 22 May 2021 04:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12793

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics