Problematika manajemen diri dan solusinya dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi : analisis bimbingan dan konseling Islam

Susanti, Reysa Ari (2020) Problematika manajemen diri dan solusinya dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi : analisis bimbingan dan konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016016_Reysa_Ari_Susanti]
Preview
Text (Skripsi_1501016016_Reysa_Ari_Susanti)
Skripsi_1501016016_Reysa_Ari_Susanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini disusun oleh REYSA ARI SUSANTI, NIM. 1501016016, yang berjudul “Problematika Manajemen Diri Dan Solusinya Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi (Analisis Bimbingan dan Konseling Islam )”. Mahasiswa memiliki tugas mengerjakan skripsi sebagai salah satu syarat dalam mendapatkan gelar sarjana atau Strata 1. Namun dalam prosesnya mahasiswa memiliki masalah-masalah yang menghambat dalam mengerjakan skripsi, mahasiswa merasa kesulitan dan banyak mahasiswa yang mengaku setres dalam mengerjakan skripsi. Masalah tersebut salah satunya adalah masalah manajemen diri. Penelitian ini dilaksanakan guna untuk mengetahui Problematika Manajemen Diri yang dialami mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi dalam menyelesaikan skripsi, dan untuk mengetahui solusi Bimbingan dan Konseling Islam terhadap manajemen diri mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi.
Penelitian ini dipilih dengan Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara, angket, observasi, dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data menggunakan data reduction, data display, conclusion drawing.
Hasil penelitian menemukan bahwa problematika manajemen diri yang dialami mahasiswa fakultas Dakwah dan Komunikasi dalam menyelesaikan skripsi adalah sesuai dengan aspek-aspek manajemen diri menurut Zimmerman dan Maxwell. Yaitu Problematika Metakognisi dan Perilaku, Problematika Kurang mampu dalam pengelolaan waktu, Problematika Kurang motivasi, Problematika Perspektif diri yang didalamnya terdapat permasalahan malu, takut bertemu dosen, tidak percaya diri, serta Problematika Teman Bergaul atau Hubungan Sosial.
Solusi dalam perspektif bimbingan dan Konseling Islam yaitu dengan tahapan-tahapan Bimbingan dan Konseling Islam yang digunakan pembimbing untuk solusi problematika manajemen diri pada mahasiswa yaitu dengan langkah identifikasi masalah, yaitu dengan menentukkan problematika yang dialami mahasiswa dengan gejala-gejala yang dialami. kemudian diagnosa yaitu menetapkan masalah yang dihadapi mahasiswa, kemudian prognosa, yaitu menentukan jenis terapi yang akan digunakan sesuai permasalahan mahasiswa, yaitu dengan terapi keagamaan, pendekatan terapi perilaku, terapi psikodinamika. setelah itu adanya Follow up / Evaluasi berkaitan dengan proses yang telah berjalan. Solusi yang ditawarkan dalam Islam adalah dengan kegiatan dakwah yaitu dengan adanya pembimbing, terbimbing, materi dan metodenya. Pembimbing yang dimaksud adalah orang terdekat yang berada disekitar mahasiswa yaitu teman, keluarga, walidosen dan dosen pembimbing, yang pelaksanaannya dikaitkan dengan fungsi-fungsi bimbingan dan konseling Islam. Dengan materi yang digunakan adalah dengan materi keagamaan dengan terapi keagamaan seperti pembiasaan sholat tepat waktu, dzikir, berdoa, membaca Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam permasalahan tersebut, menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Hasil akhir proses konseling dengan bantuan terapi keagamaan, 86% mahasiswa mengaku mengalami banyak perubahan lebih baik dalam sehari-hari meski secara bertahap.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen diri; Skripsi; Mahasiswa; Fakultas Dakwah dan Komunikasi; Bimbingan dan konseling Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 May 2021 06:03
Last Modified: 22 May 2021 06:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics