Bimbingan keagamaan melalui kajian Kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan motivasi beragama remaja di Majelis Ta’lim Assidiqiyah Desa Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal

Royanti, Royanti (2020) Bimbingan keagamaan melalui kajian Kitab Safinatun Najah dalam meningkatkan motivasi beragama remaja di Majelis Ta’lim Assidiqiyah Desa Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016019_Royanti]
Preview
Text (Skripsi_1501016019_Royanti)
Skripsi_1501016019_Royanti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bimbingan keagamaan merupakan proses pemberian bantuan yang diberikan oleh pembimbing kepada seseorang untuk membantu mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi melalui proses keagamaan agar mereka tunduk dan patuh kepada Allah SWT. Hal ini dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Adz-Dzaariyat ayat 56, bahwa penciptaan jin dan manusia tidak lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah SWT. Ayat tersebut memberikan penjelasan bahwa kehidupan manusia bukan hanya sekedar orientasi pada kehidupan dunia yang bersifat sementara, tetapi hakekat sesungguhnya adalah orientasi pada kehidupan akhiratnya.
Penelitian ini berjudul “bimbingan keagamaan melalui kajian kitab safinatun najah dalam meningkatkan motivasi beragama remaja di majelis ta’lim assidiqiyah desa randugunting kecamatan tegal selatan kota tegal” . Rumusan masalah: 1) bagaimana bimbingan keagamaan melalui kajian kitab safinatun najah di majelis ta’lim assidiqiyah? 2)bagaimana bimbingan keagamaan melalui kajian kitab safinatun najah dalam meningkatkan motivasi beragama remaja di majelis ta’lim assidiqiyah desa randugunting kecamatan tegal selatan kota tegal?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan mengikuti model Miles dan Hubermen, yang terbagi dalam beberapa tahap yaitu: redukasi data (data reduction), penyajian data (data display), kemudian penarikan kesimpulan (conclusing drawing or verification).
Berdasarkan hasil Analisis penelitian dapat disimpulkan : Pertama, bimbingan keagamaan melalui kajian kitab safinatun najah di Majelis Ta’lim Assidiqiyah Desa Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal, dapat dilihat dari berbagai Aspek yaitu pembimbing, jamaah materi, metode, dan evaluasi. Pembimbing, majelis ta’lim Assidiqiyah memiliki satu pembimbing yang memiliki pengetahuan agama yang cukup luas, selain memiliki pengetahuan agama yang luas, beliau juga memiliki sifat sabar, tekun, ramah, tanggung jawab. Jamaah, jamaah yang mengikuti pengajian atau bimbingan keagamaan ada 25 remaja, 15 dari kalangan remaja putra dan 10 dari kalangan remaja putri. Latarbelakang pendidikan para jamaah majelis Ta’lim Assidiqiyah ada yang masih menginjak sekolah SMP, SMA, sampai ada yang sudah bekerja. Materi bimbingan, materi yang diterapkan kepada jamaah meliputi materi akidah, syariah, dan akhlak. Metode bimbingan, bimbingan menggunakan metode bil-lisan dan bil-hal. Metode bil-lisan yaitu dengan cara uswatun hasanah. Evaluasi, evaluasi yang digunakan adalah evaluasi program, evaluasi proses, dan hasil. Kedua, bimbingan keagamaan melalui kajian kitab safinatun najah dalam meningkatkan motivasi beragama remaja di Majelis Ta’lim Assidiqiyah Desa Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal, mempunyai peran strategis yaitu sebagai motivasi beragama remaja yaitu adanya rasa ingin tahu, adanya minat ibadah shalat fardlu, semangat dalam beribadah, tanggung jawab,adanya harapan dari Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan; Kitab Safinatun Najah; Motivasi beragama; Remaja; Majelis Taklim
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 May 2021 06:20
Last Modified: 22 May 2021 06:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12801

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics