Strategi dakwah majelis dzikir dan maulidurrasul saw al-khidmah Kota Semarang dalam peningkatan pemahaman keagamaan jamaah

Sundari, Ayu (2020) Strategi dakwah majelis dzikir dan maulidurrasul saw al-khidmah Kota Semarang dalam peningkatan pemahaman keagamaan jamaah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036006_Ayu_Sundari]
Preview
Text (SKRIPSI_1601036006_Ayu_Sundari)
1601036006_Ayu Sundari_Full Skripsi - Ayu Sundari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang semakin maju telah menyebar di semua kalangan. Hidup di era globalisasi, tak sedikit dari anak-anak hingga orang tua kesehariannya tak lepas dari elektronik. Kebanyakan dari mereka cenderung mengkhawatirkan sesuatunya pada hal duniawi. Mereka telah disibukkan dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin maju. Hadirnya teknologi dan informasi yang semakin maju, tak lepas dari adanya berbagai dampak. Selain mempermudah segala kegiatan, tak sedikit pula dampak negatif yang terdampak pada banyak orang. Kerawanan negatif yang akan timbul bisa berdampak pada akidah, akhlak, dan kehidupan pada diri seseorang. Berkaitan dengan hal ini, Majelis Dzikir dan Maulidurrasul SAW Al-Khidmah Kota Semarang hadir sebagai bentuk upaya pengantisipasian dampak yang ada. Masyarakat perlu diberikan pengetahuan agama yang cukup. Adanya pemberian pengetahuan agama yang cukup, dibutuhkan kegiatan dakwah yang baik. Pemberian pemahaman keagamaan kepada jamah, perlu adanya strategi dakwah yang baik agar dapat diterima oleh jamaah. Strategi dakwah yang dikerjakan harus dijalankan dengan ilmu dan perencanaan yang baik agar dapat mencapai dakwah yang efektif dan efisien. Strategi dakwah dalam membuat jamaah paham akan keagamaan, maka timbullah pertanyaan bagaimana strategi dakwah Majelis Dzikir dan Maulidurrasul SAW dalam menjalankan segala program dakwahnya, pelaksanaan program dakwahnya dan bagaimana strategi dakwah yang digunakan dalam membuat jamaah paham akan materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) program dakwah apa saja yang ada di Majelis Dzikir dan Maulidurrasul SAW Al-Khidmah Kota Semarang, (2) pelaksanaan program dakwah, (3) strategi dakwah Majelis Dzikir dan Maulidurrasul SAW Al-Khidmah Kota Semarang dalam meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif, dimana pendekatan deskriptif berawal dari sebuah teori yang diterapkan pada keadaan nyata di lapangan (tempat penelitian). Peneliti menggunakan teori untuk melihat realita tentang segala bentuk strategi dakwah majelis dzikir dan maulidurasul saw al-khidmah dalam memberikan pemahaman keagamaan kepada jamaah sampai pada bagaimana pelaksanaan dari semua program dakwah yang telah dibuat dan diaksanakan dan strateginya.Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Majelis Dzikir dan Maulidurrasul SAW Al-Khidmah Kota Semarang dalam menggunakan strategi dakwah dalam peningkatan pemahaman keagamaan jamaah menggunakan strategi sentimentil (memfokuskan aspek hati), strategi rasional (memfokuskan akal pikiran), dan strategi indrawi sebagai pendukung. Menurut peneliti, perlu adanya tambahan strategi lagi untuk memaksimalkan dalam upaya peningkatan pemahaman keagamaan pada jamaah. Begitu juga dengan pelaksanaan program dakwah, sebisa mungkin untuk lebih diperhatikan agar program dakwah yang tidak terlaksana karena terlalu fokus pada segala permintaan masyarakat dibandingkan dengan program dakwah internal dalam menjalankan program dakwah yang sudah dicanangkan bersama-sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Manajemen Dakwah; Strategi Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 22 May 2021 06:55
Last Modified: 22 May 2021 06:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12809

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics