Upaya menumbuhkan kematangan beragama melalui bimbingan keagamaan

Hidayah, Lanti Nurul (2020) Upaya menumbuhkan kematangan beragama melalui bimbingan keagamaan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016043_Lanti_Nurul_Hidayah]
Preview
Text (Skripsi_1501016043_Lanti_Nurul_Hidayah)
Skripsi_1501016043_Lanti_Nurul_Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap manusia memiliki hak atas agama yang diaykininya, setiap manusia juga memiliki hak untuk melakukan konversi agama. Dalam upaya untuk menumbuhkan kematangan beragama pada pelaku konversi agama perlu adanya kegiatan bimbingan keagamaan. Rumusan masalah : (1) Bagaimana kegiatan bimbingan keagamaan Islam yang dilakukan kepada para Wanita pelaku konversi agama yang ada di dusun Jomblang desa Dukuhwringin kecamatan Slawi kabupaten Tegal ? (2) Apa saja faktor yang mempengaruhi para Wanita pelaku konversi agama yang ada di dusun Jomblang desa Dukuhwringin kecamatan Slawi kabupaten Tegal ? (3) Bagaimana kematangan beragama wanita pelaku konversi agama pasca mendapat bimbigan keagamaan ?Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan obyek penelitiannya adalah Wanita Pelaku konversi agama di dusun Jomblang desa Dukuhwringin kecamatan Slawi kabupaten Tegal, selain itu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui tentang kegiatan bimbingan yang dilakukan oleh wanita pelaku konversi agama di dusun Jomblang desa Dukuhwringin kecamatan Slawi kabupaten Tegal. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor konversi agama Wanita pelaku konversi agama yang ada di dusun Jomblang desa Dukuhwringin kecamatan Slawi kabupaten Tegal. (3) Untuk mengetahui kematangan beragama wanita pelaku konversi agama setelah mendapat bimbingan keagamaan.
Hasil penelitian ini adalah: (1)kegiatan bimbingan keagamaan ini menggunakan metode individu dan kelompok dengan tujuan untuk menumbuhkan kematangan beragama wanita pelaku konversi agama yang di dalamnya terdapat unsur-unsur da’i (pembimbing keagamaan), mad’u pelaku konversi agama serta materi. (2) faktor yang mempengaruhi konversi agama wanita pelaku konversi agama yang ada didusun Jomblang dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dalam hal ini faktor internal yaitu kemauan diri sendiri untuk melakukan konversi agama yang dipengaruhi melalui hidayah yang telah di dapatkannya, sedangkan faktor eksternal adalah pengaruh dari lingkungan yang muncul melalui hubungan pertemanan serta faktor budaya yang ada di dusun Jomblang. (3) kematangan beragama wanita pelaku konversi agama dapat dilihat dari dua indikator yaitu: a)ciri-ciri kematangan yang dimiliki oleh wanita pelaku konversi agama yang ditunjukan melalui keyakinan yang dimilikinyaa, pelaksanaan ibadahnya serta, akhlaq karimah atau kepribadian yang dilakukan dalam kesehariannya, b)faktor yanng mempengaruhi kematangan beragama yang mempengaruhi wanita pelaku konversi agama meliputi: faktor dalam diri dapat dilihat dari kekonsistenan wanita pelaku konversi agama dalam memilih agamanya dan menjalni agama barunya, faktor lingkungan dapat dilihat dari pengaruh yang diberikan oleh lingkungan, keluarga atau kerabat dalam pelaksanaan beribadah, dan faktor budaya yaitu tindakan yang sering atau biasa dilakukan oleh warga dusun Jomblang melalui tindakan perpindahan agama dari agama Hindu ke Islam. Selain itu kematangan beragama wanita pelaku konversi agama juga dapat ditumbuhkam mulai kegiatan bimbingan keagamaan yang ada didusun Jomblang melalui pemberian materi yang diberikan oleh pembimbing keagamaan dengan materi berikut : a)Aqidah yaitu pembimbing keagamaan melalui ceramahnya menjelaskan tentang meyakini bahwa Allah merupakan makhluk yang menciptakan alam semesta serta hanya Allah Tuhan yang wajib disembah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, b)Syariah yaitu dalam ceramahnya pembimbing keagamaan menjelaskan tentang setiap muslim wajib mempercayai Rukun Iman serta menjalan Rukun Islam dalam kehidupan sehari-hari, c)Mualamah yaitu dijelaskan melalui ceramah pembimbing keagamaan yang menjelaskan tentang sesama muslim harus tolong menolong dan saling menghargai satu sama lain serta menciptakan sikap toleransi dengan sesama umat beragama, d) Akhlaq yaitu melalui ceramah pembimbing keagamaan yang menjelaskan bahwa seorang istri harus patuh terhadap suaminya dan seorang wanita harus menutup auratnya serta harus menghargai orang yang lebih tua dan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kematangan beragama; Bimbingan keagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 201 Religious mythology, general classes of religion, interreligious relations and attitudes, social theology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 May 2021 06:47
Last Modified: 22 May 2021 06:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12811

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics