Upaya Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (RISMA JT) dalam menumbuhkan kontrol diri remaja : analisis fungsi bimbingan Islam

Rifqizalfaa’, Ghina (2020) Upaya Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (RISMA JT) dalam menumbuhkan kontrol diri remaja : analisis fungsi bimbingan Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1501016056_Ghina_Rifqizalfaa']
Preview
Text (Skripsi_1501016056_Ghina_Rifqizalfaa')
Skripsi_1501016056_Ghina_Rifqizalfaa'.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya kenakalan remaja yang sering terjadi di sekitar kita, dengan berbagai bentuk kenakalan seperti kenakalan biasa contohnya suka berkelahi, suka keluyuran, membolos sekolah, pergi dari rumah tanpa pamit, kenakalan yang menjurus pada pelanggaran dan kejahatan misalnya seperti mengendarai sepeda motor tanpa sim, mengambil barang orang lain tanpa ijin atau mencuri, sedangkan kenakalan khusus misalnya seperti penyalahgunaan narkotika, hubungan seks diluar nikah, pemerkosaan dan lain sebagainya.Hal ini menjadi permasalahan dalam penelitian karena remaja akan menjadi aset untuk bangsa pada saat ini. Kenakalan remaja ada jika remaja tersebut tidak dapat membentengi dirinya sendiri atau mengontrol dirinya sendiri. Kondisi kontrol diriremaja pada saat ini seperti melawan orang tua, mudah terpengaruh lingkungan, kurangnya sopan santun, suka keluyuran, emosi yang meledak-ledak dan lain-lain. Kontrol diri guna dilakukan untuk mengurangi perilaku berlebihan yang dapat membawa ke arah negatif. Problem kontrol diri perlu ditangani, salah satunya dengan dakwah Islam melalui bimbingan keagamaan komunitas khusus seperti remaja masjidIslam Masjid Agung Jawa Tengah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Mengetahui kontrol diri pada remaja akhir para anggota RISMA JT 2) Mengetahui upaya yang dilakukan oleh RISMA JT (Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah) dalam menumbuhkan kontrol diri remaja dilihat dari prespektif fungsi bimbingan Islam.Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif atau informasi uraian dalam bentuk bahasa atau kalimat dengan menggunakan analisis. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dan pendekatannya menggunakan psikologi spesifikasinya studi kasus yang di mana meneliti sebuah kasus atau fenomena di tengah masyarakat atau di sebuah instansi. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sumber data sekunder. Selanjutnya, untuk teknik pengumpulan data yaitu peneliti menggunakan teknik wawancara dan pengamatan (observation).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kontrol diri remaja akhir anggota RISMA JT sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan Islam dapat dilihat dari lima aspek yaitu: kemampuan mengontrol perilaku, mengontrol stimulus, mengontrol stimulus, kemampuan mengantisipasi peristiwa atau kejadian, menafsirkan peristiwa atau kejadian dan kemampuan mengambil keputusan. Gambaran kontrol diri pada remaja yang bergabung dengan Risma JT sebelum mengikuti kegiatan bimbingan Islam yang diperoleh dari 5 informan mereka belum memiliki kemampuan kontrol diri yang baik yang tepatnya pada jenis under control dalam teori Averill. 2) upayayang dilakukan RISMA JT dalam menumbuhkan kontrol diri remaja dengan kegiatan bimbingan Islam, meliputi beberapa kegiatan mingguan, bulanan dan tahunan yang dilaksanakan sesuai fungsi bimbingan Islam. Fungsi bimbingan Islam dapat dicermati dalam layanan bimbingan Islam mempunyai peran penting dalam upaya menumbuhkan kontrol diri remaja pada anggota RISMA JT sebelum bergabung dengan RISMA JT adalah fungsi developmental atau pengembangan, fungsi preventif atau pencegahan, serta fungsi preservatif atau pemeliharaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Remaja Islam; Masjid Agung Jawa Tengah; Kontrol diri; Remaja; Bimbingan Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 May 2021 06:54
Last Modified: 22 May 2021 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12816

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics