Dakwah bil hal pada komunitas samin: studi terhadap masjid Nurul Hikmah Desa Larikrejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus

Izza, Nadiya Zahrotul (2020) Dakwah bil hal pada komunitas samin: studi terhadap masjid Nurul Hikmah Desa Larikrejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036009]
Preview
Text (SKRIPSI_1601036009)
1601036009_Nadiya Zahrotul Izza_Lengkap Tugas Akhir - Nadiya Izza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Komunitas Samin merupakan salah satu masyarakat yang menganut suku Samin. Penganut suku Samin adalah suatu komunitas yang terdiri dari orang Jawa yang memiliki pandangan hidup (world view) yaitu ajaran Saminisme yang mengandung suatu sistem nilai tertentu atau gerakan Samin. Penyebaran suku Samin inipun sampai ke wilayah Pati dan Kudus. Pengikut Samin mempunyai tempat khusus untuk komunitas, salah satunya yaitu komunitas Samin Kudus yang ada di Desa Larikrejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Ajaran komunitas Samin ini tidak sesuai dengan ajaran agama Islam. Maka disinilah diperlukan pemahaman agama dalam bentuk dakwah Islam melalui masjid. Salah satu masjid yang melakukan dakwah terhadap komunitas Samin adalah Masjid Nurul Hikmah di Desa Larikrejo Kecamatan Undaan kabupaten Kudus. Adapun bentuk dakwah yang dilakukan dengan cara dakwah bil hal. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk 1) untuk mengetahui pelaksanaan dakwah bil haltakmir di Masjid Nurul Hikmah Desa Larikrejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus pada komunitas Samin, 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil dakwah bil hal yang dicapai takmir di Masjid Nurul Hikmah Desa Larikrejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus pada komunitas Samin. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan dakwah bil hal takmir di Masjid Nurul Hikmah Desa Larikrejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus sudah terlaksana dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan terpenuhinya unsur-unsur dakwah, kegiatan-kegiatan keagamaan di Masjid Nurul Hikmah seperti shalat lima waktu berjama'ah, ngaji al-Qur'an ba'da maghrib, sekolah TPQ dan Madin setiap siang sampe sore, juga mengadakan kegiatan keagamaan lainnya seperti, jam'iyah malam Jum'at, malam Kamis dan malam Senin untuk ibu-ibu, jam'iyah malam Minggu untuk remaja serta jam'iyah malam Sabtu dan malam Rabu untuk bapak-bapak dan juga pengajian rutinan setiap hari besar Islam (HBI), pemberian santunan yatim piatu dan zakat. 2) Hasil dakwah bil hal yang dicapai di Masjid Nurul Hikmah Desa Larikrejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus pada komunitas Samin adalah terjadi perubahan beberapa bidang yang baik pada komunitas Samin yaitu: bidang spiritual, bidang sosial, bidang budaya, bidang ekonomi dan bidang pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Manajemen Dakwah; Dakwal Bil Hal; Strategi Dakwah; Samin
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 22 May 2021 07:05
Last Modified: 22 May 2021 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/12820

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics